Banjir dan Tanah Longsor Terjang Kota Ambon

Sabtu, 16 Juli 2016 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Cuaca buruk disertai hujan deras yang mengguyur Kota Ambon tidak hanya menyebabkan terjadinya musibah banjir, tetapi juga tanah longsor di sejumlah kawasan di kota itu, Sabtu (16/7/16).

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Ambon, bencana tanah longsor terjadi di sejumlah titik, seperti di Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe kawasan Bere-Bere, Amahusu, Batu Gaja, hingga sejumlah titik di Kecamatan Sirimau.

“Ada sejumlah titik longsor yang terjadi di Ambon, seperti yang terjadi di Kudamati, Bere-Bere, Batu Gaja, Amahusu, dan sejumlah titik lainnya di Kecamatan Sirimau,” kata Kepala BPBD Kota Ambon Enrico Matitaputty dilansir Kompas.

Selain di sejumlah kawasan tersebut, tanah longsor terjadi di Kecamatan Leitimur Selatan. Longsoran terjadi tepat di kawasan hutan menuju Desa Leihari.

Material longsoran langsung menutup badan jalan sehingga akses menuju sejumlah desa di kawasan penggunungan Ambon itu tidak bisa dilewati kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Sampai saat ini material longsoran belum bisa diangkat sehingga kita belum bisa melewati jalur tersebut,” ujar Markus Maitimu, salah seorang warga Leitimur Selatan.

Akibat jalan yang tertutup material longsoran, banyak kendaraan yang terpaksa berbalik arah karena tidak bisa melewati jalur tersebut.

"Kita juga tadi balik karena tidak bisa melewati jalur itu. Saya tidak tahu persisnya jam berapa, tapi yang jelas longsoran itu terjadi saat hujan deras tadi,” ujar dia.

Warga lainnya sempat berusaha memindahkan material longsoran berupa batu dan pepohonan yang berada di badan jalan. Namun, kendaraan belum bisa lewat karena banyaknya material longsoran yang menutup badan jalan. [kms]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT