Puluhan Hektar Lahan di Serombou Rohul Terbakar

Puluhan Hektar Lahan di Serombou Rohul Terbakar

Metroterkini - Tim Gabungan TNI Polri, BPBD Rohul dan dibantu  masyarakat yang tergabung dalam Laskar Hulu Balang Rohul berhasil temukan lahan milik masyarakat yang dilalap Si Jago Merah di Desa Serombou  Indah Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Diduga kebakaran terjadi sudah beberapa hari lalu. Pada saat Tim Gabungan TNI Polri, BPBD Rohul dan Laskar Hulu Balang Rohul tiba dititik lokasi masih ditemukan sisa-sisa api dan langsung dipadamkan dengan cara manual karena keterbatasan alat pemadam dan susah menjangkau titik api.

Hal ini diperparah karena akses jalan menuju lokasi lahan kelapa sawit milik masyarakat yang terbakar cukup sulit dikarenakan perbukitan yang cukup dalam.

Adapun lahan pertanian Kelapa Sawit milik masyarakat yang masih terbakar diduga milik H. Ucok serta Ibu Ayu.  Sementara lahan milik Ayu dijaga oleh Syahrijal bersama temannya Andius Bulala (28).

Katanya, “Lahan yang terbakar yang kami jaga ini seluas 20 Hektar pak milik ibu ayu”, Sebut Andius Bulala kepada Wartawan di lokasi lahan terbakar [12/07/16].

Lanjutnya, “kalau lahan milik sepadan yang sudah terbakar saya juga kurang mengerti siapa-siapa saja nama pemiliknya”, tutup Andius.

Masih di tempat yang sama, Kepala BPBD Rohul Aceng Herdiana mengatakan bahwa lahan masyarakat yang sudah terbakar diperkirakan lebih kurang seluas 50 sampai 70 Hektar. 

Katanya,” kalau kita perkirakan lahan yang sudah terbakar lebih kurang 50 sampai 70 hektar”, sebut Aceng.

Ditambahkannya, “pihak dari BPBD Rohul, TNI dan Polri siap membantu memadamkan api yang membakar lahan masyarakat. Dan kita sangat mengharapkan informasi dan kerja sama semua pihak kalau ada menemukan lahan atau hutan yang terbakar bisa menghubungi kami”,

Karena Mobil Damkar yang ada di Kantor BPBD Rohul dan alat pemadam kebakaran yang lain di berikan pemerintah pusat  untuk digunakan memadamkan kebakaran yang ada di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, apa lagi ini kan sudah masuk pada musim kemarau ",terang Aceng. [man]

Berita Lainnya

Index