Lakukan Hal Ini Saat Anda Memanjangkan Rambut

Senin, 11 Juli 2016 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Instagram


Metroterkini.com - Sebagian besar wanita mengidamkan rambut panjang yang sehat. Padahal, banyak hal menyebalkan yang terjadi saat rambut mulai panjang.

Permasalahan rambut yang mulai panjang seperti warna akar rambut yang belang sampai ujung rambut yang pecah-pecah bisa mengganggu penampilan. Ikuti tips berikut yang dilansir dari Allure.com pada Minggu (10/7/2016).

1. Ganti gaya rambut 
Saat rambut memanjang,  rambut baru pun mulai tumbuh dari akar. Jika Anda mewarnai rambut pastinya akar rambut warnanya akan berbeda dengan batang rambut. Jika Anda tak sempat atau tak ingin mewarnai akar rambut maka triknya adalah mengganti gaya rambut Anda.

Coba gaya rambut seperti messy updo yaitu gaya cepolan rambut yang tak terlalu rapi, belahan rambut zigzag, ataupun kuncir ekor kuda yang longgar. Intinya adalah memberi volume di bagian akar, dan hindari belahan rambut yang terlalu rapi, seperti saran dari Kyle White, penata rambut dari salon Oscar Blandi di New York. Belahan rambut yang sangat rapi serta bagian akar yang lepek akan membuat perbedaan warna jadi tampak sangat mencolok.

2. Potong ujung-ujung rambut
Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Walau ingin memanjangkan rambut, ujung-ujung rambut harus tetap dirapikan agar bagian-bagiannya yang pecah hilang. Jika bagian ujung-ujung rambut yang pecah ini didiamkan maka dapat menjalar sampai ke batang rambut, yang berakibat pada kerusakan rambut.

Saran dari Serge Nomant, penata rambut di New York yang jadi favorit Julia Robert dan Sarah Jessica Parker, sebaiknya saat memanjangkan rambut, ujung-ujung rambut dirapikan tiap dua bulan sekali. Ia juga menganjurkan untuk menggunakan kondisioner tanpa bilas setiap usai keramas. Seminggu sekali gunakan masker rambut, dan menurutnya minyak kelapa organik adalah sumber protein yang baik untuk kesehatan rambut dan cocok digunakan sebagai masker rambut.

3. Beri tekstur di rambut
Tekstur gelombang di rambut sangat disarankan untuk menyamarkan ujung-ujung rambut yang kurang sehat. Gunakan texturizer cream ataupun foam atau mousse di rambut dan remas-remas rambut sampai memiliki tekstur. Atau Anda juga bisa memakai catok untuk membuat tekstur gelombang ataupun ikal.

4. Rawat kulit kepala
Ingatlah bahwa rambut tumbuh dari akar yang ada di kulit kepala. Tanpa kulit kepala yang sehat jangan harap rambut bisa tumbuh panjang. Selain memijat kepala dengan masker rambut, coba juga periksa apakah kulit kepala sering berketombe, baik ketombe basah maupun kering karena ketombe di kulit kepala selain mengganggu kesehatan kulit kepala, juga akan menghalangi asupan gizi pada akar rambut. 

Jika ya, maka sesudah keramas gunakan serum khusus untuk ketombe di kulit kepala. Gunakan di seluruh bagian kulit kepala dan pijat-pijat kulit kepala selama 1-2 menit sampai serum benar-benar meresap.

5. Minum suplemen rambut
Tak ada salahnya membantu pertumbuhan rambut dengan konsumsi suplemen. Cobalah vitamin rambut seperti biotin. Suplemen lain seperti minyak ikan dan Vitamin D juga bermanfaat untuk rambut. [**lp6]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT