Menata Ruangan Supaya Rumah Segar Saat Lebaran

Jumat, 01 Juli 2016 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Berniat mendekorasi ulang rumah untuk Lebaran, tapi terkendala bujet dan waktu pengerjaan? Mengganti warna cat dinding menjadi salah satu teknik yang membuat rumah tampak baru dan lebih segar. 

Pengecatan sebaiknya dilakukan di seluruh bagian rumah dari bagian depan hingga belakang agar tetap selaras. Tapi jika biaya dan waktu Anda terbatas, desainer interior Rina Renville menyarankan untuk memilih satu atau dua ruangan utama saja yang diganti warna catnya.

"Idealnya rumah ganti cat dari dalam sampai luar karena inginnya saat Lebaran semuanya kelihatan fresh. Tapi kalau masalahnya bujet dan waktu, pilih ruangan yang kira-kira penting saja," saran Rina, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Ruangan apa saja yang sebaiknya dipilih? Desainer lulusan Institut Teknologi Bandung ini menganjurkan area yang paling pertama dilihat orang saat berkunjung, yakni ruang tamu, ruang keluarga dan teras.

"Teras kan sifatnya semi outdoor, tapi masih punya elemen lantai dan dinding sehingga bisa jadi tempat untuk menerima tamu juga," tuturnya dilansir Detik.

Pemilihan cat dinding sebaiknya tidak jauh berbeda dengan ruangan lainnya yang tidak diganti warnanya seperti kamar tidur, kamar mandi atau dapur. Misalnya saja jika warna dinding sebelumnya krem atau beige, Anda bisa menggantinya dengan putih, abu-abu muda atau kuning pucat. 


Untuk teras, Anda bisa menambahkan beberapa material agar tampilannya lebih segar dan cantik. Misalnya menempatkan bantal hias pada kursi kayu, mengganti karpet di depan pintu atau mengombinasikan beberapa warna. Misalnya dinding bagian dicat kuning, sementara karpet dan bantal hias berwarna cokelat atau ungu.

"Atau dindingnya warna abu-abu dengan sedikit touch of gold, earthy colour bisa dipakai untuk mengubah teras," pungkas Rina. [dtk]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT