Kodim Bengkalis Tangkap Travel Berisi Bawang Merah Ilegal

Kodim Bengkalis Tangkap Travel Berisi Bawang Merah Ilegal

Metroterkini.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 0303 Bengkalis, Minggu (26/6/16) malam, menangkap travel liar jenis Avanza warna putih BM 1361 NI bermuatan puluhan karung bawang merah ilegal.

Avanza bermuatan 80 karung bawang merah ilegal itu ditangkap di Pelabuhan Roll On Roll Off (Roro) Air Putih, Bengkalis, Minggu malam sekitar pukul 22.00 WIB, sebelum menyeberang ke Sungai Pakning.

Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol Arh Wachyu Dwi Harianto melalui Komandan Unit Intelijen Lettu (Inf) M.T. L Tobing yang memimpin operasi penangkapan kepada wartawan mengatakan, operasi ini merupakan salah satu kegiatan Markas Kodim 0303/ Bengkalis dalam menanggapi maraknya peredaran bawang merah ilegal dari Malaysia ke Bengkalis.

"Travel tersebut kita amankan setelah kita curigai masuk ke antrian Pelabuhan Roro Bengkalis dengan kondisi berat belakang, merasa curiga anggota Unit Intel Kodim 0303/Bkls langsung melakukan pemeriksaan dan menemukan di dalam mobil terdapat bawang merah," kata Lettu Tobing, Senin (27/6/16).

Dari hasil pemeriksaan, sopir travel mengaku mendapatkan bawang merah tersebut dari sebuah gudang di desa Bantan Air Kecamatan Bantan.

"Dia (supir) membeli bawang tersebut di Bantan Air dengan harga Rp 75.000. Rencananya bawang merah akan dijual kembali dengan harga Rp 95.000 di Bunga Raya Kabupaten Siak," ulasnya.

Dari pengakuan sopir travel tersebut, sebelumnya dia pernah membawa bawang merah ilegal ke Pekanbaru dengan upah Rp1,5 juta.

"Sopir travel tersebut mengaku pernah membawa muatan bawang ke Pekanbaru dengan upah yang dia dapat Rp 1,5 juta," Tobing.

Guna proses lebihlanjut, mobil Avanza beserta barang bukti bawang merah ilegal diserahkan Kodim ke Bea dan Cukai Bengkalis. [rdi]

Berita Lainnya

Index