Ini Tips Pilihan Busana Lebaran Untuk Ibu dan Anak

Senin, 27 Juni 2016 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Memilih busana lebaran tidak harus asal-asalan karena terkadang niat awal ingin terkesan glamor, modis dan mewah ketika momen perayaan Idul Fitri. Justru malah berakhir miris alias memilukan bagi para orangtua, terutama para ibu yang memiliki balita yang terkadang salah memilih kostum.

Kalimat bernada penyesalan terurai dari Fany Rifalty, 33 tahun, karyawati swasta dilansir tabloidnova. Ceritanya dimulai saat momen Lebaran tahun lalu yang membuat putra keduanya, Fakhryanto Adi Ghasain harus mengalami luka lecet di sekitar area pipi karena tergores bahan serta detail busana Lebaran yang dikenakan oleh sang ibunda.

Ketika itu, Fakhry masih berusia 2 tahun sehingga ia memutuskan untuk membawa putra kesayangannya ikut beribadah sholat Ied bersama dirinya, mengingat Si Kecil masih manja dan tidak mau jauh dari sang ibu.

Sayangnya, Fany yang saat itu mendekap putranya justru lupa bahwa busana Lebaran yang ia kenakan mungkin saja bisa melukai sang anak.

“Waktu itu saya memang membeli busana Lebaran dari bahan sifon yang ada hiasan bahan sequin serta taburan manik dan payet sedikit di bagian dada dan bahu. Sebenarnya hanya sedikit, namun memang tepat di area Fakhry dipeluk dan digendong. Mirisnya, pipi Fakhry jadi terluka seperti goresan tipis yang memanjang dan sedikit berdarah. Beruntung saya langsung sadar dan membawa tas peralatan seperti minyak tawon serta plester luka untuk meredam darah dan sakitnya,” cerita Fany panjang lebar.

Meski tidak semuanya mungkin mengalami hal seperti ini. Tapi, tetap saja pengalaman tersebut menjadi berharga sebagai edukasi bagi Anda para ibu untuk lebih cermat memilih busana lebaran yang aman untuk ibu yang memiliki balita. Berikut tips memilih busana lebaran yang tepat untuk ibu dan balita:

1. Hati-hati terhadap pemilihan bahan busana lebaran
Terdengar sepele, namun ini amatlah penting! Ada jenis bahan dengan serat kasar yang cenderung jika tergesek atau terkena kulit akan menimbulkan luka yang bisa saja parah atau serius. Contohnya seperti di atas, yaitu bahan sequin, bahan tule yang kasar, dan sebagainya.

2. Sebisa mungkin detail pemanis busana di area dada sangat minimalis dan minim aksesori
Tidaklah cukup hanya dengan menjauhi bahan busana lebaran yang bisa memicu luka pada kulit atau tubuh anak Anda. Apalagi jika busana lebaran yang Anda beli polos di bagian lainnya, namun dipercantik detail pemanis aksesori dari payet, manik, kristal, mutiara, bebatuan dan sebagainya. Ini justru akan berdampak buruk pada wajah atau tubuh anak jika sampai terkena ketika Anda menggendongnya.

3. Pilih bahan sutra atau satin yang polos dan tanpa banyak aksen
Hindari memilih busana lebaran yang di bagian dadanya ada kancing, ritsleting, kantong dan lain sebagainya yang dikhawatirkan bisa melukai anak. Sebaiknya pilih bahan baju yang adem, nyaman, ringan, menyerap keringat dan tipis bila Anda ingin tetap menggendong anak saat lebaran nanti.

4. Perhatikan ukuran busana, jangan terlalu panjang atau sempit
Busana lebaran yang terlalu panjang atau sempit hanya akan membuat Anda sulit bergerak dan tidak nyaman. Apalagi busana lebaran yang panjang cenderung mudah terinjak atau diinjak orang dan bisa membuat Anda terjatuh saat melangkah.

Jadi, penting untuk dipahami para ibu yang masih memilih balita untuk tidak sembarang memilih busana Lebaran. Selain harga dan modelnya, perhatikan juga detail busananya demi keselamatan Anda dan balita. [tbn]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT