Gubri Siap Mutasikan Kepala SKPD Tak Capai Target

Sabtu, 25 Juni 2016 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Gubernur Riau mengancam akan mutasi kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak mampu mencapai target kerja. 

"Mestinya ada funish (hukuman). Itukan kewenangan pak gubernur bagi mereka yang gagal melaksanakan kewajibannya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekdaprov Riau M Yafiz, Rabu (22/6/16). 

Hal itu sesuai dengan pengisian blanko tentang capaian target, rencana pencairan serta program kerja yang akan dilakukan oleh masing-masing SKPD. Meski belum bisa memastikan, namun menurut Plt Sekda Provinsi Riau Yafiz, dari 46 SKPD yang ada di lingkungan Pemprov Riau separuhnya belum juga menyerahkan blanko. 

Selain itu, Yafiz juga mengingatkan agar para SKPD agar lebih kreatif dan memaksimalkan kinerjanya agar program kerja yang sudah dibuat dapat tercapai. 

Ditempat terpisah, menurut Asisten II Masperi, realisasi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Riau 2016 hingga pertengahan tahun, masih dibawah 30 persen. Ada pun pembuatan blanko yang diwajibkan. Diisi oleh setiap SKPD adalah strategi baru agar setiap SKPD ada tolak ukur penilaian nantinya. 

Tambah Masperi hingga Juni ini realisasi keuangan baru mencapai 20,24 persen, sedangkan untuk fisik 24 persen. Untuk itu seluruh SKPD diharuskan bisa merealisasikan kegiatan setiap bulannya 13 persen. Mulai dari bulan Juli hingga Desember 2016 mendatang. 

"Jadi setiap SKPD diwajibkan mengisi blanko realisasi, berapa persen mereka sanggup merealisasikannya. Kalau tak sanggup sekarang juga mundur. Sekarang realisasi masih rendah, jadi masing-masing SKPD setiap bulannya harus merealisasikan 13 persen kegiatannya," tegas Masperi. 

Dengan realisasi 24 persen, jika masing-masing SKPD ditargetkan 13 persen perbulan maka pada akhir tahun nanti bisa mencapai 76 persen. Dan target realisasi tahun 2016 ini melebihi tahun lalu yakni 90 persen. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT