Sampah Menumpuk Sepanjang Jalan HR Soebrantas Pekanbaru

Sampah Menumpuk Sepanjang Jalan HR Soebrantas Pekanbaru

Metroterkini.com - Kota Pekanbaru tidak lagi bersih saat umat Islam menjalankan ibadah puasa, seperti di sepanjang Jalan HR Soebrantas Panam Pekanbaru masih terlihat sampah yang menumpuk. Bahkan sebagaian memakan badan jalan. Warga mengeluh karena hal seperti ini tidak pernah terjadi dan hanya kepemimpinan Wako Firdaus yang dinilai gagal memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

"Baru kali ini saya lihat sampah di kota Pekanbaru seperti ini," kata Lita (30) warga Taman Karya Tampan Pekanbaru.

Hasil pantauan, Minggu (19/6/16) malam, tumpukan sampah masih penuh di Jalan Delima-HR Soerantas, sekitar Ramayana HR Soebrantas Panam dan sejumlah titik di kiri kanan jalan HR Soerantas.

"Walikota Firdaus tidak malu mengatasi sampah saja tidak bisa," tambah Lita yang dijumpai melihat-lihat jualan pakaian di trotoar Jalan HR Soebrantas Panam.

Tambahnya, kemana saja selama ini yang mengurus sampah. "Sampah di kota Pekanbaru menjadi pemandangan warga yang akan mudik. Malu sebenarnya melihat sampah seperti ini," tukasnya.

Lita juga membandingkan masa kepemimpinan Walikota Pekanbaru sebelumnya, bahkan masyarakat bangga dengan Adipura yang selama ini diraih kota Pekanbaru. "Itu depan kantor Walikota Pekanbaru kalau tidak salah ada tugu, entah apa namanya dan setahu saya itu adalah simbul Kota Pekanbaru yang meraih penghargaan buat kota ini soal kebersihan dan keindahanya," tuturnya.

Ia mengharapkan, kalau memang Walikota Firdaus tak mampu mengatasi sampah, jangan malu untuk mengajak masyarakat membersihkan sampah. "Sediakan truk, masyarakat pasti mau diajak gotong royong menaikan sampah ke truk. Tapi saat ini kejadianya lain, sampah menumpuk dan menjadi pemandangan yang sangat tak enak dilihat dan merusak pemandangan," tutupnya. 

Sebelumnya Sekda Kota Pekanbaru Mohd Noer menyampaikan bahwa persoalan sampah di Kota Pekanbaru akan diselesai oleh Pemko dalam dua hari.

"Pemko akan menuntaskan sendiri penanganan dan pengendalian sampah ini. Insya Allah ditargetkan dalam dua hari ini kondisi penanganan sampah akan kembali normal," ujar Sekda, Sabtu (18/06/16). [**dn]

Berita Lainnya

Index