Sartono Bangga Pacitan Miliki PLTU Sudimoro

Sartono Bangga Pacitan Miliki PLTU Sudimoro

Metroterkini.com - Selain kampanye kewirausahaan, salah satu agenda utama Kunker anggota Komisi VI DPR RI, Sartono Hutomo adalah melakukan kunjungan ke PLTU Pacitan, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Teluk Bawur, Sudimoro, Pacitan, Jatim, kemarin.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Teluk Bawur, Sudimoro,di Sudimoro. Selain itu beliau juga membuka Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional Bagi Organisasi Masyarakat Tahun 2016 di Hall Meeting Room Hotel Prasasti Pacitan.

PLTU Sudimoro sendiri merupakan bagian dari proyek percepatan pembangunan tenaga listrik 10 ribu MW tahap pertama. Lokasi Proyek PLTU 1 Jatim, Pacitan terletak di laut selatan pulau Jawa, Desa Sukorejo, kecamatan Sudimoro, sekitar 30 km arah timur Pacitan, Jawa Timur.

Pemancangan tiang pertama pembangunanya dimulai sejak tahun 2007 lalu. PLTU ini memiliki berkapasitas 2 x 315 MW dan dibangun dengan  anggaran sekitar Rp 2,95 triliun. Jika sudah beroperasi penuh, diharapkan pasokan listrik Jawa-Bali tidak akan mengalami defisit lagi.

Pembangunan proyek PLTU tersebut guna mengejar pasokan tenaga listrik yang akan mengalami defisit sampai beberapa tahun mendatang, serta menunjang program diversifikasi energi untuk pembangkit tenaga listrik ke non bahan bakar minyak (BBM) dengan memanfaatkan batubara berkalori rendah (4200 kcal/kg).

Dalam sambutannya, Sartono mengucap syukur atas diresmikannya empat PLTU di Pacitan. Selain itu beliau juga berpesan agar selalu menjaga dan merawat keberadaan PLTU.

"Sepatutnya kita bersyukur karena kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga masih bisa menikmati manfaat PLTU hingga sekarang, Ujar Sartono,di PLTU Sudimoro, kemarin.

Di banding dengan dulu, kata Sartono, saat ini Pacitan lebih maju dari ketersediaan pasokan listriknya, untuk itu dia menghaturkan rasa terimakasih.

"Terimakasih pada PLN yang sudah membangun PLTU di tempat kelahiran saya, ini bisa sangat membantu karena yang diresmikan ini merupakan bagian dari hasil kemajuan," katanya.

Seperti diketahui, PT PLN (Persero) telah mendapatkan mandat melalui Peraturan Presiden RI Nomor 71 tahun 2006 untuk melakukan percepatan pembangunan PLTU dengan menggunakan batubara di Jawa dan di luar Jawa hingga mencapai total kapasitas 10 ribu MW yang tersebar di seluruh Indonesia, atau yang dikenal dengan sebutan Fast Track Program tahap 1 (FTP-1).

Proyek-proyek ini dibangun untuk menunjang penyediaan tenaga listrik serta program diversifikasi energi pembangkit listrik ke non BBM. Nantinya produksi energi listrik di PLTU ini akan disalurkan ke jaringan Jawa Bali melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).

Acara kunjungan ini dihadiri pula oleh Direktur Operasional II Pembangkit Jawa Bali (PJB) Bapak Miftahul Jannah, Senior Manager Region JBTB Bapak Suroso, General Manager UBJOM Ardi Nugroho, Indaryanto Camat Sudimoro,beserta para manager UBJOM Pacitan lainnya. [nur]

Berita Lainnya

Index