Terdakwa Bansos Bengkalis Hanya Divonis 2 Tahun Penjara

Rabu, 01 Juni 2016 - 00:00:19 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Empat terpidana perkara korupsi Bansos Bengkalis dihukum lebih rendah dari tuntutan jaksa. Mantan dan anggota DPRD Bengkalis divonis 2 tahun penjara. Purboyo (Bengka), satu dari empat terdakwa langsung menerima putusan majelis hakim Pengadilan Tipikor Pekanbaru.

Purboyo, mantan anggota DPRD Bengkalis yang sebelumnya dituntut jaksa dengan pidana penjara selama 8 tahun 6 bulan. Divonis hakim dengan pidana penjara selama 2 tahun. Vonis tersebut juga diterima tiga rekan Purboyo yakni, Rismayeni, Hidayat Tagor dan Muhammad Tarmizi.

Putusan majelis hakim tipkor digelar Rabu (1/6/16) di Pengadilan Tipikor Pekanbaru. Keempat terdakwa hanya dikenakan Pasal 3 Undang Undang (UU) Tipikor, nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001, yang jauh lebih ringan dari pasal yang dijeratkan jaksa penuntut.

Selain itu, para terdakwa dikenakan hukuman tambahan yang berbeda, seperti Uang Pengganti, dan denda.

Pembacaan putusan dilakukan mejelis hakim secara terpisah, yang pertama putusan terdakwa Hidayat Tagor, dan Rismayeni.

" Menghukum terdakwa Hidayat Tagor dan Terdakwa Rismayeni, dengan hukuman pidana masing masing selama 2 tahun, denda Rp 100 juta subsider 1 bulan," jelas Hakim Ketua, Amin Ismanto SH.

Dalam putusan kedua terdakwa ini, mereka tidak dikenakan membayarkan Uang Pengganti, karena telah mengembalikan kerugian negara dengan menitipkannya kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk terdakwa M.Tarmizi, dan Purboyo divonis selama 2 tahun penjara, denda Rp 100 juta, subsider 1 bulan. Hanya saja, terdakwa M Tamizi dan Purboyo diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara.

Terdakwa Purboyo dikenakan Uang Pengganti sebesar Rp 180.500.000, subsider 1 bulan penjara. Sedangkan terdakwa M.Tarmizi dikenakan uang pengganti sebesar Rp 446 Juta subsider 1 bulan kurungan.

Usai putusan dibacakan, terdakwa Purboyo langsung menyatakan menerima. Sedangkan tiga rekannya menyatakan pikir pikir.

"Saya menyatakan menerima putusan yang mulia," ujar Purboyo.

Vonis hukuman keempat terdakwa ini jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa. Dimana sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Budi Fitriadi SH, dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis,. Menuntut terdakwa Hidayat Tagor, dan Rismayeni, dengan tuntutan hukuman pidana penjara selama 8 tahun, 6 Bulan, denda Rp 200 Juta, subsider 3 bulan. Keduanya diwajibkan membayar kerugian negara masing masing Rp 133 Juta.

Untuk terdakwa Purboyo sebelumnya dituntut 8 tahun 6 bulan, dan terdakwa M.Tarmizi dituntut 9 tahun. Denda masing-masing Rp 200 Juta, Subsider 3 bulan. Uang Penganti sebesar Rp 752 Juta untuk Purboyo, dan terdakwa M.Tarmizi dikenakan Uang Pengganti Rp 600 Juta. [**rt]

 

 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT