Amril Nilai Otonomi Tingkatkan Kemandirian Desa

Rabu, 01 Juni 2016 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Bentuk otonomi yang lebih luas yang diberikan desa sesuai peraturan perundang-undangan, bertujuan meningkatkan kemandirian desa. Namun harus ada payung hukum dalam bentuk Peraturan Desa (Perdes).

Demikian disampaikan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Pemerintahan bagi BPD se-Kabupaten Bengkalis di lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (31/05/16).

Menurut Bupati Amril menyambut baik kegiatan ini. Apalagi salah satu tujuan utamanya Bimtek ini untuk membangun sinergitas antara perangkat desa dan BPD guna menghasilkan Perdes yang tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan/atau ketentuan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

"Apalagi saat ini hampir seluruh desa di kabupaten Bengkalis ini masih sangat minim dalam menghasilkan Perdes. Berdasarkan evaluasi, setiap tahunnya umumnya setiap desa hanya menghasilkan satu Perdes yang bersifat rutin, yaitu Perdes tentang anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). itupun disejumlah desa terkadang masih sering terlambat" ungkap Amril.

Bimtek dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan aparatur BPD ini juga dihadiri Wakil Bupati Bengkalis, H Muhammad dan Kapolres Bengkalis yang diwakili Kasat Binmas, AKP Anindhita Rizal.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bengkalis, H. Ismail mengatakan bimtek diikuti aparatur BPD dari 136 desa ini, akan diberikan materi oleh narasumber dari BPMPD provinsi Riau dan Kapolres Bengkalis. [**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT