Pasukan Irak Masuki Pertahanan ISIS di Fallujah

Pasukan Irak Masuki Pertahanan ISIS di Fallujah

Metroterkini.com - Pasukan Irak memasuki benteng pertahanan kelompok ISIS, Fallujah, dari tiga arah dalam fase operasi terbaru untuk merebut kembali kota itu Senin, kata komandan.

"Pasukan Irak memasuki Fallujah dengan dukungan serangan udara koalisi internasional, personel Angkatan Udara Irak dan pesawat militer serta bantuan artileri dan tank," kata Letnan Jenderal Abdelwahab al-Saadi, komandan yang bertanggung jawab dalam operasi itu.

"Pasukan Kontra-Terorisme (Counter-terrorism Service/CTS), polisi Anbar dan tentara Irak, sekitar pukul 04:00 (0100 GMT), mulai bergerak ke Fallujah dari tiga arah," katanya.

"Ada perlawanan dari Daesh," tambah dia, menggunakan akronim Arab untuk ISIS.

Juru bicara CTS Sabah al-Norman mengatakan kepada AFP: "Kami memulai operasi untuk menembus Fallujah dini hari ini."

Keterlibatan elit CTS menandai dimulainya fase tempur perkotaan di sebuah kota tempat pasukan Amerika Serikat pada 2004 bertempur melawan musuh tertangguh mereka sejak Perang Vietnam.

Operasi yang sudah berlangsung sepekan itu sebelumnya difokuskan untuk merebut kembali desa-desa dan area pedalaman di sekitar Fallujah, yang terletak hanya 50 kilometer di barat Baghdad.

Hanya beberapa ratus keluarga yang berhasil menyelinap keluar dari wilayah Fallujah sebelum serangan terjadi di kota itu, dengan sekitar 50.000 warga sipil masih terjebak di dalamnya, memicu kekhawatiran para ekstremis akan memanfaatkan mereka sebagai tameng manusia.

Fallujah adalah satu dari hanya dua pusat perkotaan utama di Irak yang masih dikuasai ISIS. Mereka juga menguasai kota kedua Mosul, demikian seperti diwartakan kantor berita AFP. [ant]

 

Berita Lainnya

Index