Ini Strategi Menghadapi Pasangan yang Boros

Jumat, 27 Mei 2016 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Anda sedang bahagia, karena mencintai pasangan yang juga mencintai Anda. Segalanya terasa indah, saat Anda bisa berlibur bersama, pergi berbelanja bersama, makan malam bersama dan melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama-sama. Namun, ada satu hal yang terkadang bisa mengubah semua keindahan tersebut menjadi rasa saling tidak percaya dan menjadi sensitif, yaitu mengenai masalah keuangan.

Setelah menjalani kehidupan berdua yang bahagia, di suatu saat Anda  akan menemukan di mana pasangan Anda sangat senang untuk membeli banyak hal. Memanjakan diri di tempat perawatan kecantikan, kebugaran, dan segala hal yang sedang menjadi tren saat ini. Saatnya Anda bertekad pada diri Anda , untuk memberitahukan pada pasangan kita, bahwa menjadi berlebihan seperti itu, kurang baik untuk dia dan hubungan Anda. Apalagi jika hubungan Anda ini akan berjalan ke tahap yang serius.

Untuk membantu Anda mengatasinya berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan saat menghadapi pasangan yang boros:

1. Mengatur Pengeluaran Khusus Untuk Hiburan

Tentu saja penting untuk meluangkan waktu untuk berdua bersama pasangan, baik saat pendekatan, hingga saat telah menikah nanti. Tetapi terkadang, berkencan sebenarnya akan berujung pada membeli sesuatu dan mengeluarkan budget yang cukup banyak. Setelah berkencan, tentu Anda akan melanjutkan makan malam bersama pasangan, menonton di bioskop, dan juga membeli beberapa hal yang Anda atau dia sukai.

Sekarang ini, saatnya Anda lebih bertanggung jawab dalam segala masalah keuangan Anda. Kekasih Anda  mungkin akan lebih senang jika Anda  dapat membelikan apa saja yang kekasih Anda inginkan, namun untuk mengeluarkan uang setiap harinya rasanya tidak mungkin. Masih banyak kebutuhan lain yang juga perlu untuk dibayar. Untuk menyiasatinya, aturlah budget khusus untuk kegiatan Anda berdua. Bicarakan hal ini dengan pasangan Anda, dan jika pasangan Anda  juga setuju, Anda  berdua dapat mengatur soal budget ini.

2. Postkan Uang Anda Untuk Investasi

Bukan menjadi pelit, namun, saat Anda  berdua berkomitmen untuk menjalani hubungan yang lebih serius lagi, ada baiknya Anda  juga memikirkan masalah keuangan untuk masa depan Anda berdua. bukan berarti Anda  tidak bisa berkencan, atau menikmati liburan dengan pasangan Anda. Namun jika memang salah satu dari hal tersebut dirasa tidak menjadi masalah jika tidak dilakukan, maka sebaiknya budget yang biasa digunakan untuk hal spesial tersebut digunakan untuk berinvestasi.

Anda bisa melakukan investasi apa saja. Namun, lebih baik lagi jika Anda  memiliki tabungan khusus untuk investasi di masa depan, di mana ada Anda dan pasangan Anda berdua yang menjalani hidup yang baru. Anda berdua bisa sama-sama menabung untuk keperluan Anda berdua nantinya di masa depan seperti membeli rumah, mobil, dan keperluan lain yang memang Anda perlu dan inginkan di masa depan nanti, bersama pasangan Anda.

3. Berani Terbuka Membicarakan Keuangan

Bagi pasangan baru, menunjukkan rasa khawatir bahwa pasangan kita akan menghabiskan uang untuk berbelanja menjadi hal yang sering kali dianggap salah. Apapun bentuknya sebagai pasangan yang sudah berkomitmen untuk membangun rumah tangga sudah sepatutnya Anda membicarakan secara jujur segala hal yang Anda khawatirkan terlebih jika menyangkut kondisi finansial keluarga Anda. Sudah sepatutnya Anda membiasakan diri untuk berbicara mengenai segala hal yang menyangkut keadaan rumah tangga Anda. Bicarakanlah dengan bijak, tanpa harus takut menyinggung perasaaan pasangan Anda.

4. Ciptakan Waktu Bersama dengan Hal yang tidak mahal

Setelah Anda menjalankan strategi no. 3 di atas, sekarang Anda berada dalam posisi di mana Anda bisa menaikkan ke strategi berikutnya. Bagaimana Anda bisa menikmati hidup Anda berdua, dan menghabiskan waktu berdua dan menunggu kebahagiaan, lahirnya anak pertama Anda .

Menikmati hidup ini mungkin akan membuat Anda  hidup lebih sederhana dari sebelumnya. Menikmati waktu bersama pasangan untuk sekadar naik bis atau MRT berkeliling kota. Kemudian Anda  berdua bisa melakukan senam bersama di sela-sela waktu luang Anda. Aktivitas seperti ini, menumbuhkan kualitas kebersamaan yang lebih baik dan lebih hemat.

Berikan Pengertian Kepada Pasangan Anda

Bisa memberikan apa saja yang sesuai kemampuan kita untuk pasangan kita, adalah hal yang ingin selalu bisa dilakukan dengan maksimal. Namun, harus juga berpikir jangka panjang untuk kelanjutan hubungan Anda berdua. Strategi ini adalah cara yang baik untuk memberikan pengertian kepada pasangan kita, akan keadaan keuangan kita yang sewaktu-waktu bisa tidak stabil. [**rmn]

 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT