Operasi Patuh Siak 2016 Banyak Jaring Kendaraan Malam Hari

Selasa, 24 Mei 2016 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Selama pelaksanaan Razia Operasi Patuh Siak 2016 Mapolres Rokan Hulu melalui Satuan Polisi Lalu Lintas tingkat pelanggaran banyak terjaring razia mulai dari kelengkapan kendaraan bermotor sampai surat-surat kendaraan.

Selama razia dilakukan, Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Rohul, AKP Amru Hutauruk, SH melalui Kanit Regiden IPDA Kaliman Siregar, SH menyebutkan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendaraan roda dua sering terjadi di malam hari.

"Jika dibandingkan di siang hari, pelanggaran lalu lintas paling banyak di malam hari, rata-rata tidak mengunakan helm serta lalai dalam mengemudi kendaraannya," ungkapnya, Selasa (24/5/16) di Pasir Pengaraian.

Dikatakannya, ini dilihat dari razia yang dilakukan oleh Satlantas Polres Rohul pada Senin malam [23/4/16] di jalan Tuanku Tambusai Pasir Putih Pasir Pengaraian. Dimana, ratusan kendaraan terjaring razia Operasi Patuh Siak 2016.

"Pada hari ketujuh Operasi Patuh Siak 2016 semalam, kita menemukan banyak pengendara yang tidak mematuhi lalu lintas," sebutnya.

Tidak mematuhi aturan lalulintas dimalam hari, menurutnya dikarenakan para pengendaraa beranggapan bahwa pada malam hari petugas jarang melakukan razia.

"Mereka berpikir kalau malam tidak ada polisi dan tidak ada razia, jadi mereka yang mayoritas dari kalangan pemuda sesuka hati mengendarai kendaraannya, seperti bebas saja kalau dimalam hari kerkendaraan, " jelasnya.

Untuk mengantisipasi pelanggaran yang kerap terjadi di malam hari, lanjut Kaliman Siregar, Satlantas Polres Rohul berencana akan gencar melakukan razia di malam hari dibeberapa titil rawan.

"Razia tersebut sekaligus meminimalisir pengendara yang kerap mengabaikan keselamatan termasuk penggunaan helm dan kelengkapan lainnya," katanya.

Hasil sementara Operasi Patuh Siak 2016 Polres Rohul, IPDA Kaliman mengungkapkan, terdata sudah ditemukan 600 pelanggaran, baik ada yang ditilang, dan dikenakan teguran tertulis. Pelanggaran yang kerap terjadi yakni, pengendara yang melawan arus, melanggar rambu-rambu, parkir liar dibadan jalan dan tidak melengkapi surat-surat kendaraannya.

“Dengan adanya Operasi Patuh Siak 2016 yang dilakukan, saat ini tingkat laka lantas di Rohul mulai menurun. Semoga menjelang bulan puasa nanti, keadaan lalu lintas di Rohul bisa berjalan lancar dan aman,” harapnya.[man]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT