Ini Kelebihan Miliki Rumah Mungil Hemat Energi

Rabu, 18 Mei 2016 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Memiliki rumah berukuran kecil memang bukan hal negatif. Beberapa blogger di seluruh dunia sudah berbagi pengalamannya tinggal di rumah mungil.

Kesaksian mereka menyebutkan bahwa rumah berukuran kecil rupanya menawarkan banyak hal positif seperti berikut ini.

1. Minim pengeluaran

Jill Winger dari Theprairiehomestead.com mengungkapkan dalam blog-nya bahwa saat ini dia sangat senang tinggal dalam hunian berukuran kecil.

Alasan pertama yang mengantarnya pada kesimpulan ini adalah rendahnya biaya. Menurut Winger, tinggal di dalam rumah berukuran kecil lebih "bersahabat" dengan anggaran.

Dia hanya perlu sedikit tenaga untuk menghangatkan dan mendinginkan rumah dan berimbas kepada tagihan yang listrik lebih murah.

2. Tidak banyak berbenah

Hal senada juga disampaikan oleh Heather Levin dari Moneycrashers.com. Sama seperti Winger, Levin juga mengungkapkan bahwa semakin kecil rumah, energi yang diperlukan semakin sedikit.

Penghuni rumah juga memerlukan lebih sedikit usaha untuk membersihkan dan merawat rumah. Efeknya, biaya yang dikeluarkan juga lebih sedikit.

3. Hemat waktu

Tak hanya lebih sedikit usaha, waktu yang diperlukan untuk merawat rumah berukuran kecil juga lebih sedikit.

Seperti dikutip dalam Becomingminimalist.com, pemilik rumah berukuran kecil tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mendekor, memilih warna dinding, memilih karpet, memilih furnitur, lampu, dan dekorasi.

Lebih sedikit ruang untuk menempatkan barang-barang di dalam rumah juga memaksa pemilik rumah berhemat.

4. Mendekatkan keluarga

Satu hal lain yang tidak kalah penting adalah kemampuan rumah berukuran kecil "memaksa" pemilik rumah berinteraksi dengan keluarganya.

Moneycrashers.com menyebut hal ini dengan "nyaman dan intim". Hal serupa akan sulit dicapai jika keluarga tersebut tinggal di dalam rumah berukuran besar.

5. Lebih mudah terjual

Menariknya, Realestate.msn.com mengungkapkan bahwa rumah berukuran kecil akan lebih mudah terjual ketimbang rumah berukuran besar.

Peningkatan biaya listrik yang terus terjadi membuat masyarakat lebih jeli dalam memilih rumah.

Rumah hemat energi akan menjadi incaran di masa depan. Jadi, tidak salah lagi bila rumah berukuran kecil akan menjadi incaran. [kompas]

 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT