Tiga Tersangka Pencuri Ikan Asal Thailand Kabur

Tiga Tersangka Pencuri Ikan Asal Thailand Kabur

Metroterkini.com - Tiga tersangka pelaku pencurian ikan asal Thailand kabur dari penampungan Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak, Sabtu (7/5/16) sekitar pukul 03.00 WIB.

Ketiga tersangka tersebut adalah Panit Chaicol (27), Nophong Techawa Buranakit (53) dan Singkhorn Kamnerdkoh (59), yang ditangkap di perairan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia pada 12 April 2016.

Ketiganya merupakan nakhoda dan ABK kapal asal Thailand yang mengelabui petugas dengan menggunakan bendera negara Malaysia saat ditangkap.

Kepala PSDKP Pontianak, Sumono Darminto, mengungkapkan ketiga tersangka tersebut kabur dari penampungan dan saat ini berada di luar pengawasan. Ketiga tersangka tersebut kabur setelah memanjat pagar yang mengelilingi komplek penampungan.

“Kejadian sekitar pukul tiga atau empat dinihari, saat diperiksa, ketiganya tidak berada ditempat penampungan,” kata Sumono, Kamis (12/5/16).

Berdasarkan ketentuan internasional, lanjut Sumono, kasus mereka dinyatakan belum ditutup dan tidak bisa dilakukan penahanan. Berkas ketiganya pun saat ini sudah selesai dan akan segera dilimpahkan ke Kejaksanaan untuk menunggu keputusan.

Meski tidak ditahan, namun proses hukum tetap berjalan, dan akan dikenakan hukuman berupa denda yang besarannya disesuaikan dengan pasal yang dikenakan.

“Saat ini ketiganya masih berada diluar, dan saat serah terima dengan pihak kejaksaan, ketiganya mutlak harus ada, supaya prosesnya bisa segera diselesaikan,” kata Sumono.

Pihak PSDKP pun kemudian berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti Kepolisian, TNI Angkatan Laut, dan Imigrasi untuk melakukan pencarian terhadap ketiga warga asing yang kabur tersebut.

Sejumlah titik yang diperkirakan sebagai tujuan ketiga tersangka tersebut juga diawasi, seperti bandara, pelabuhan kecil, dan daerah perbatasan negara.

“Kami coba upayakan dengan pihak terkait untuk mencari keberadaan mereka, termasuk di wilayah perbatasan,” katanya.

Untuk itu, Sumono berharap bantuan dari masyarakat untuk menginformasikan jika mengetahui keberadaan ketiga nelayan pencuri ikan tersebut. [kmc]

 

Berita Lainnya

Index