Pemuda NTT Tolak Novanto Jadi Calon Ketum Golkar

Pemuda NTT Tolak Novanto Jadi Calon Ketum Golkar

Metroterkini.com - Koordinator Barisan Pemuda-Mahasiswa Nusa Tenggara Timur Guche Montero berharap Partai Golkar mengalami transformasi kepemimpinan dengan tidak memilih pemimpin yang memiliki rekam jejak negatif dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa 13-17 Mei 2016 mendatang.

Guche menegaskan bahwa Golkar harus mengembalikan citranya dengan memilih pemimpin yang mengedepankan integritas, memiliki kredibilitas dan mampu mengutamakan kepentingan rakyat daripada kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.

"Oleh karena itu kami mendesak agar perilaku koruptif tidak dapat ditolerir guna memulihkan kredibilitas dan integritas parpol di mata publik," ujar Guche saat memberikan keterangan pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (8/5/16).

Lebih lanjut Guche menilai pencalonan Novanto sebagai calon ketua umum Partai Golkar pada Munaslub mendatang justru akan merusak citra partai politik berlambang pohon beringin itu.

Dia mengatakan bahwa Novanto merupakan salah satu figur politisi dengan rekam jejak yang tidak bersih dari sisi politik maupun hukum. Guche pun akan mengajukan protes apabila Novanto berhasil terpilih menjadi ketua umum.

Guche menyebutkan beberapa kasus yang harus menjadi perhatian publik dan anggota komisi etik Partai Golkar dalam memilih calon ketua umum. Salah satunya, Setya Novanto pernah terlibat dalam skandal mega proyek PT Freeport dengan meminta saham dan mencatut nama Presiden Joko Widodo.

Selain itu Guche juga memandang kontribusi Setya Novanto sangat minim bagi masyarakat NTT dari sisi kesejahteraan maupun andil politik. Padahal NTT merupakan representasi dari daerah pemilihan Setya Novanto.

Sejak Setya Novanto terpilih sebagai anggota parlemen, kata Guche, belum ada perubahan signifikan yang bisa dirasakan oleh masyarakat NTT.
Masih banyak masyarakat NTT yang hidupnya belum sejahtera. Guche pun menilai Setya Novanto cenderung mengabaikan kondisi nyata yang dialami oleh masyarakat NTT saat ini.

"Setya Novanto itu terpilih sebagai anggota DPR dari dapil NTT. Namun sampai saat ini saya merasa minimnya kontribusi politik bagi masyarakat NTT," kata Guche.  [kompas]

Berita Lainnya

Index