Seni Budaya Melayu Tampil di World Dance Day Surakarta

Kamis, 05 Mei 2016 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Lagi dan lagi Sanggar Sri Gemala Laksamana Ikatan Pelajar Mahasiswa Kepulauan Riau Surakarta (IPMKR Surakarta) tak pernah lelah menunjukan dan memperkenalkan seni budaya dan tradisi asli Kepulauan Riau di kota surakarta.

Setelah sukses menunjuk dan memperkenalkan seni, budaya dan tradisi Melayu diberbagai event yang telah berlangsung di  kota Surakarta,  Kali ini mereka unjuk kebolehan di acara Solo 24jam Menari. Perhelatan tahunan ini merupakan agenda tahunan ISI Surakarta sempena World Dance Day yang jatuh pada tanggal 29 April.

Acara yang didukung oleh pemerintah kota Surakarta ini menarik banyak seniman-seniman. Seniman lokal khususnya kota Surakarta, seniman-seniman nasional dan juga manca Negara.

Dalam kesempatan itu, menjadi daya tarik dan juga tantangan tersendiri bagi anggota sanggar Sri Gemala Laksamana-IPMKR Surakarta untuk terlibat dan ikut serta dalam acara tersebut.

“Tandak Engku Puteri”, itulah judul karya tari Melayu kreasi yang dibawakan oleh mereka pada perhelatan itu.

Tarian yang beranggotakan Masyitah, Fivi, Dona, Ade, Nia, Parwila, Rima, Ziane, dan Fahmi ini mengkisahkan tentang Sultan Mahmud Muzaffar Syah yang melamar Engku Puteri Raja Hamidah dengan maskawin pulau penyengat. Yang menyatukan antara  negeri Johor Pahang Riau Liangga.

Tidak tanggung-tanggung, selama tiga bulan waktu yang mereka persiapkan demi kelancaran dan memaksimalkan penampilan. Bukan hal yang mudah bagi mereka  untuk membagi waktu antara waktu kuliah dan latihan tari.

“Masalah tersulit adalah kurangnya inventaris seni dan perlengkapan tari. Namun Berkat tekad dan keinginan kuat kawan-kawan atas nama Provinsi Kepulaian Riau, kami dapat memukau penonton yang hadir”, jelas Masyitah sebagai koordinator tari.

“Dalam waktu dekat, kami berharap Pemprov Kepri dengan murah hati memberikan bantuan inventaris seni dan musik, agar kami dapat berkreasi dan dapat memperkenalkan kami guna mengangkat seni dan budaya melayu Kepri serta menjadi duta seni daerah KEPRI di kota Surakarta. Aamiin”, sambung rizal selaku official kontingen dalam acara itu. [**ril]

 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT