Rupat Utara Tuan Rumah MTQ Kabupaten Bengkalis

Rabu, 04 Mei 2016 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan Ketua Harian LPTQ H Arianto menetapkan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis dilaksanakan di Kecamatan Rupat Utara.

Baik Amril maupun Arianto menegaskan itu ketika menghadiri pembukaan MTQ ke-14 tingkat Kecamatan Rupat Utara tahun 2016 di Desa Puteri Sembilan, Selasa (3/5/16) malam.

"Tak perlu khawatir. Inshaa Allah, pelaksanaan MTQ ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2016 ini, tidak akan dipindahkan ke kecamatan lain. Tetap di Rupat Utara," tegas Amril, seraya memuji kekompakan umat muslim dan non muslim dalam menyukseskan MTQ ke-14 tersebut.

Sebelum itu, hal senada juga disampaikan Arianto. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bengkalis ini juga menegaskan sejauh ini belum ada perubahan tempat penyelenggaraan MTQ ke-41. Tetap di kecamatan yang paling utara yang memiliki 8 desa itu.

Amril dan Arianto menegaskan itu terkait adanya sedikit kekhawatiran tidak jadinya dipilihnya Rupat Utara sebagai tuan rumah penyelenggara MTQ ke-41 sebagaimana disampaikan Camat Rupat Utara H Syafruddin Tanu, ketika menyampaikan kata sekapur sirih pada MTQ ke-14 yang diikuti 118 peserta dari 8 desa se-Rupat Utara itu.

Kata Syafruddin, Rupat Utara ini defenitif tahun 2001. Sudah berusia 15 tahun. Tapi belum pernah menjadi tempat penyelenggaran MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis.

"Kami juga ingin jadi tuan rumah. Selama ini kami belum pernah diberi kepercayaan untuk itu. Dengan segala kekurangan dan keterbatasan, masyarakat Rupat Utara, siap menyukseskan MTQ di kecamatan ini. Inshaa Allah tidak akan mengcewakan," jelas mantan Camat Siak Kecil ini.

Meskipun Rupat Utara dapat dipastikan menjadi tuan rumah, namun hingga setakat ini Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bengkalis belum menentukan kapan waktu penyelenggaraannya.

Namun demikian, pihak Pemerintah Kecamatan Rupat Utara sudah menyiapkan beberapa alternatif.

Walau sudah ada beberapa alternatif, dia belum bisa menyebutkannya. Alasannya, mesti dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan masyarakat, seperti alim ulama, pemuka masyarakat dan pihak terkait lainnya.

"Karena intinya yang menjadi tuan rumah ini kan bukan hanya Pemerintah Kecamatan Rupat Utara. Tapi seluruh lapisan masyarakat kecamatan ini," ujarnya.

Selain itu, imbuh mantan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkalis ini, soal tempat ini juga harus dikoordinasikan terlebih dahul dengan Pemkab Bengkalis, seperti Bagian Kesejahteraan. Termasuk dengan panitia di tingkat kabupaten.

Terpisah, terkait waktu pelaksanaan MTQ ke-41, Kepala Bagian Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri, juga mengaku belum mengetahui hal tersebut secara pasti.

Pasalnya, menurut Johan, setakat ini belum ada pembahasan atau rapat khusus bersama Bupati Bengkalis dalam menetapkan kapan akan dilaksanakannya MTQ ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis itu.

Jika ditanya kira-kira kapan pastinya, ujar Johan, dia belum dapat memastikannya. Namun, kalau  melihat tenggat waktu bulan Ramadhan 1437 H/2016 M yang tinggal sekitar sebulan lagi, kecil kemungkinan ditaja sebelum puasa.

"Rasanya tidak mungkin. Bulan puasa tahun ini lebih kurang hanya sekitar sebulan lagi. Kalau sesudah lebaran, bisa jadi. Namun pasti kami juga belum tahu. Apakah bulan Juli, Agustus atau September. Panitia tingkat kabupaten saja, setahu kami hingga kini belum dibentuk," pungkas Johan yang juga ikut acara pembukaan Desa Puteri Sembilan tersebut. [rdi]

 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT