90 Persen Program Harris Berhasil

Senin, 02 Mei 2016 - 00:00:09 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Tantangan membangun Kabupaten Pelalawan menjadi yang terbaik adalah harapan serta targetnya yang ingin diwujudkan di dalam masa kepemimpinan HM. harris, Meski saat ini segala potensi terus digesa.

 

Advertorial - Meski peluang dan kendala banyak dihadapi Pemerintah pembanunan dalam komitmen kinerja masa kepemimpinan Bupati Pelalawan, HM. Harris terus menggeliat, para pengamat mencoba mereplesikan 5 program yang sangat berhasil di Kabupaten Pelalawan.

Ini merupakan bentuk tantangan bagi dirinya dalam membawa Kabupaten Pelalawan ini agar dapat memposisikan diri sejajar bahkan terdepan diantara daerah otonom lainnya di negeri ini, sehingga nantinya Pelalawan bisa dijadikan contoh oleh daerah lain.

HM Harris, yang dipanggung dunia politik dan pernah menjabat menjadi Ketua DPRD Pelalawan selama dua periode, mampu bersatu padu dalam memberikan sebuah karya nyata bagi masyarakat Kabupaten Pelalawan, bahkan 7 program andalan hampir semunya sukses. 

Harris mengatakan bahwa saat ini tantangan membangun Kabupaten Pelalawan menjadi yang terbaik adalah harapan serta targetnya yang ingin diwujudkan di dalam masa kepemimpinannya. Meski saat ini segala potensi terus digesa.

Kepemimpinan Harris, sudah terlihat karya nyatanya dengan terobosan dan inovasi yang dihasilkan, saat ini sudah ada tujuh (7) program prioritas pembangunan daerah diantaranya Pelalawan Sehat, Pelalawan Cerdas, Pelalawan Terang, Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa/Kelurahan, Program Peningkatan Ketahanan Pangan dan Perkebunan, Pengembangan Obyek Wisata Bono dan Program Pembangunan Kawasan Teknopolitan Pelalawan.

"Kalau belum tercapai dalam masa kepemimpinan saya, pemimpin berikutnya hanya tinggal melanjutkan saja. Apalagi masa-masa yang 'susah' sudah dilewati," terang Bupati Pelalawan, HM Harris saat akan dilantik, Selasa (19/4/16), dihalaman kantor Gubernur Riau, Pekanbaru.

Meski sederet kesibukan, orang yang kembali jadi nomor satu di Kabupaten Pelalawan itu masih menyempatkan waktunya bercerita soal mimpinya, apalagi kalau ditanya target serta harapan-harapan yang ingin dicapai ke depan bagi dan untuk Kabupaten Pelalawan, gaek ini terus bersemangat.

"Bagi saya kalau bercerita esejahtraan rakyat, sepertinya saya terus bersemanagt hingga seratus tahun lagi," Jelasnya, disela kesibukan ini.

Berbagi cerita soal semangat, keyakinannya serta rasa optimismenya yang tinggi untuk memberikan segala yang terbaik bagi Kabupaten Pelalawan dan masyarakat yang ada di dalamnya, disebutnya masalah program andalan yang 7 mungkin akan lebih dilakukannya.

"Kalau kita berbicara mimpi, target serta harapan-harapan apalagi untuk skala besar yakni kabupaten, tentu itu takkan habis-habisnya," Jelasnya.

Dikatakannya apalagi daerah Pelalawan merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Kampar yang lahir tanggal 12 Oktober, 15 tahun lalu. Secara bertahap kepemimpinan itu terus berjalan, dari mulai Plt kemudian bupati pertama lalu berikutnya sampai kedirinya.

Program Pelalawan Terang merupakan upaya Pemerintah Daerah yang memfokuskan peningkatan elektrifikasi rumah tangga. Yang kemudian pada gilirannya akan meningkatkan aktivitas perekonomian dan aktivitas sosial masyarakat.

"Saat ini ilahkan saja tanya masyarakat apakah mereka sudah memiliki penerangan tentunya sudah," Jelas Harris.

Pemerintah Daerah sudah menggesa Langgam Power sampai Tahun 2016 ini lebih dari 50 persen rumah tangga di Kabupaten Pelalawan telah menikmati listrik selama 24 jam, walau ada kekurangan tapi program ini jalan.

Misi Pemerintah Daerah ini kini telah dijalankan dengan baik oleh PT. Langgam Power yang merupakan konsorsium antara BUMD Tuah Sekata dengan PT. Navigate Energy Jakarta. PT. Langgam Power sekarang telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG).

"15 MW yang telah dioperasionalkan sejak Bulan Agustus 2013 yang lalu, jaringanpun sudah ratusan KM memasuki desa - desa di Pelalawan," Jelasnya.

Dijelaskan Harris, ini akan terus ditambah sesuai permintaan termasuk diproyeksikan untuk penyediaan listrik yang dibutuhkan Kawasan Teknopolitan Pelalawan nantinya, dengan demikian percepatan peningkatan elektrifikasi akan terwujud, ini akan dapat mendorong tingkat elektrifikasi hingga 80 persen.

Mengenai program Pelalawan Sehat ini mulai dicanangkan sejak tahun 2010, telah berjalan hal ini telah menciptakan kondisi sehat di daerah ini yang dimulai dari sehat lingkungan dan kemudian mewujudkan sehat individual penduduk.

"Gerakan Pelalawan Sehat ini diselenggarakan dengan memperkuat prakarsa masyarakat," Jelasnya.

Selanjutnya, Program Pelalawan Cerdas yang saat ini tengah digalakkan oleh Pemkab Pelalawan adalah merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam memperkuat penyelenggaraan pendidikan dan peningkatan kualitas SDM, Sehingga dengan begitu, rata-rata Lama Sekolah Penduduk di Kabupaten Pelalawan akan meningkat.

"Dengan begitu, tidak ada alasan lagi bagi penduduk usia sekolah 7–18 tahun yang tidak bersekolah di daerah ini, diberlakukan terutama di sekolah negeri. Namun demikian sekolah masih banyak oknum guru mencari celah menambah kekayaan dalam program mulia ini," Jelasnya.

Bercerita program kepedulian Pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam menciptakan Ketahanan Pangan secara nasional, saat ini, produksi beras Pelalawan sudah mencapai 60 ribu ton, dan ditargetkan pada setelah tahun 2016 nanti menjadi 80 ribu ton.

Tahun 2011 lalu, Pemkab Pelalawan telah berhasil memurnikan varietas padi unggul, ini merupakan langkah awal menciptakan produktivitas tinggi, dia berkeyakinan bahwa target produksi tersebut dapat tercapai, asal para petani ikut mendukung program yang dilaksanakan pemerintah.

Dikataknya Pemkab Pelalawan juga mendorong produksi ternak dan perikanan. Bantuan peternakan dan perikanan juga cukup besar diberikan ke masyarakat, pemerintah terus memberikan dukungan sarana produksi berupa bibit dan pupuk terutama komoditas sawit dan karet

"Bantuan-bantuan ini tentunya akan berdampak pada peningkatan produksi dan peningkatan pendapatan petani, peternak dan pembudidaya ikan, dan pekebun," Tukasnya.

Yang lebih mebanggakan, pembangunan Kawasan Teknopolitan kini telah ditetapkan dan telah divalidasi menjadi Kawasan Perhatian Investasi ke-24 di Koridor Ekonomi Sumatera dengan proyek utamanya Pembangunan Kawasan Teknologi dan pabrik.

Kawasan Teknopolitan adalah suatu kawasan industri yang terpadu dengan perguruan tinggi sebagai pencetak tenaga kerja terampil dan pusat riset sebagai pendorong inovasi, dan ini dibangun atas dukungan investasi swasta dan Pemerintah.

"Pembangunan Kawasan Teknpolitan Pelalawan merupakan inisiatif Pemerintah merealisasikan pencapaian sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pelalawan," Tukasnya.[basyaruddin]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT