Dosen Geologi UIR Sosialisasikan Bahaya Longsor

Jumat, 29 April 2016 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Salah seorang dosen Universitas Islam Riau (UIR), Catur Cahyaningsih, B.Sc (Hons), M.Sc merupakan ahli geologi berkunjung ke Desa Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Riau, Jumat (29/4/16).

Kedatangan salah seorang dosen tersebut sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang Bencana Geologi dan cara mengatasi serta menghadapi, seperti tanah longsor dan bencana lainnya yang ditimbulkan akibat bencana geologi (alam).

Acara sosialisasi ini didampingin Muhammad Kamis, SH selaku Kepala Desa Rantau Berangin dan perangkat desa serta masyarakat Merangin dan sekitarnya.

Catur Cahyaningsih menyampaikan mengabdi pada masyarakat merupakan kewajiban bagi setiap dosen untuk mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya ditengah-tengah masyarakat agar bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Tambahnya lagi, salah satunya desa di Kampar yang di pilih adalah Desa Rantau Berangin sebagai tempat sosialisasi, dikarenakan daerah ini potensi bencana tanah longsor sangat tinggi. Sebeb struktur tanah dan bebatuannya yang menjadi faktor utama penyebab bencana longsor tersebut.
"Sebelum ini kami sudah melakukan pemetaan di tahun 2015 dan sosialisasi hari ini merupakan kelanjutannya," ungkapnya.

Ia berharap' dengan sosialisasi ini masyarakat lebih mengerti akan bahaya tanah longsor dan bagaimana cara menanggulanginya. Bagi masyarakat yang menjadi penambang untuk mencari nafkah agar diberi pemahaman akan bahaya yang akan ditimbulkan akibat pekerjaan mereka sendiri baik pada mereka maupun masyarakat secara keseluruhan.

"Kami sangat merasa senang sekali dengan adanya sosialisasi yang di adakan di desa kami sebagai program pengabdian kepada masyarakat oleh salah seorang Dosen Universitas Islam Riau (UIR) Bu Catur Cahyaningsih. Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Kampar khusus nya bagi warganya yang saat ini banyaknya memilih menjadi penambang lokal," kata Kades Muhammad Kamil.

Daerah Rantau Berangin selama ini masyarakatnya banyak yang menggantungankan hidup dari menambang batu alam demi memenuhi kebutuhan hidup dan menopang ekonomi keluarganya. [ali]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT