Ini Bahaya yang Mengancam di Kamar Anda

Rabu, 27 April 2016 - 00:00:02 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Terdapat bahaya yang besar yang tersimpan pada kasur yang tidak kita sadari, yaitu apabila bantal, guling dan kasur yang dipakai dalam waktu lama dan tidak dijaga kebersihannya maka terdapat monster didalamnya yaitu DERMATHOPHYTE (Tungau Debu). Mereka akan menumpuk di dalam kasur dan guling kita dalam waktu yang lama.

Tungau Debu itu mengkonsumsi sel sel kulit mati manusia yang setiap hari akan lepas dari tubuh kita dan juga dari keringat. Tungau debu ini adalah salah satu penyebab atau pemicu alergi dan asma. Kadang kita masuk kekamar tidur dan memeluk guling dan bantal lalu kita tiba-tiba bersin dan mata berair, merah gatal bahkan sesak napas maka Tungau Debu inilah penyebabnya.

Menurut penelitian Newyork University yang dilansir dari Dr Oz Indonesia terdapat fakta bahwa dilakukan penelitian pada sebuah kasur yang sudah dipakai selama 10 tahun, dan ternyata ada perubahan berat pada kasur tersebut (misalnya awal membeli adalah 12 kilogram dan setelah 10 tahun digunakan menjadi bertambah sekitar setengah kilo ataupun sekilo). Dan setelah dibuka dan diperiksa ternyata didalamnya terdapat kuman, serangga, debu, serta Tungau Debu bahkan keringat yang dihasilkan oleh tubuh kita. Mengerikan bukan?

Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena bukan berarti kita tidak dapat meminimalkan masalah ini. Terdapat beberapa solusi agar kita dapat terhindar dari masalah kasur ini. Nah, solusinya adalah :

1. Gantilah sprei kasur dan sarung bantal serta guling yang anda pakai maksimal seminggu sekali. Pada saat mencuci sprei tersebut sebaiknya gunakanlah air panas untuk merendam sprei agar memastikan kuman tersebut mati.

2. Jemurlah kasur dan bantal atau guling anda atau paling tidak minimal bukalah jendela dan pastikan bantal dan guling serta kasur terkena paparan sinar matahari.
    
3. Disaat kita akan membeli bantal atau pun guling baru maka pilihlah bantal yang bahannya berserat rapat atau hypoalergenic. Dengan bantal yang berserat rapat maka tujuannya untuk menghindari tungau debu secara langsung keluar masuk dan menghindari dia berkembang biak.

Terdapat beberapa tips agar kita memiliki kamar yang sehat, aman dan nyaman yaitu :

1. Berbicara mengenai suhu kamar, maka jika anda ingin suhu kamar yang nyaman maka jika anda sering menggunakan AC pada kamar anda maka akan lebih baik jika suhunya jangan terlalu dingin. Sebaiknya aturlah suhu AC sebesar 20-24 derajat celcius.
    
2. Hindari meletakkan barang elektronika seperti televisi, radio, komputer maupun laptop dan barang yang berhubungan dengan pekerjaan anda dekat dengan tempat tidur agar anda bisa istirahat dengan tenang. Sehingga jika sudah dikamar anda tidak akan terfikir hal-hal lain yang menyebabkan gangguan bagi tidur anda. Dengan begitu maka anda akan mendapatkan tidur dengan kualitas yang baik
    
3. Matikanlah lampu pada saat tidur dan minimalkan penerangan pada kamar anda. Hal ini dilakukan karena akan mempengaruhi produksi dari hormon melatonin dan seratonin yang membantu tidur anda menjadi lebih lelap.
    
4. Rajin membersihkan kasur, guling dan bantal anda dengan mencuci sprei dan sarung bantal maksimal seminggu sekali untuk menghindari debu dan kotoran sehingga kita terhindar dari jerawat, dan alergi debu.

Nah itulah dia beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kasur dan bantal yang kita gunakan dan juga solusi untuk mencegah penyakit yang ditimbulkannya. [droz]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT