Pantai Iboih Eksotisme Surganya Pantai Indonesia yang Tersembunyi

Senin, 25 April 2016 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Sebagai negara kepulauan,Membentang dari Sabang hingga Marauke, pilihan garis pantai negeri khatulistiwa kian beragam, salah satunya Weh. Pulau yang terpisah dari daratan utama Sumatera karena letusan gunung berapi tersebut menyimpan 'sejuta' eksotisme.

Bicara tentang Pulau Weh, angan sebagian orang mungkin akan melambung pada Iboih. Pantai yang terkenal akan pemandangan memukau dan air laut sebening kristal ini jadi yang paling diburu kala singgah di Weh. 

Dari Sabang sampai Merauke, itulah Indonesia. Negara yang terkenal dengan sebutan negara kepulauan ini memang surganya pulau-pulau cantik, salah satunya adalah Pulau Weh. Pulau ini terletak di barat laut Pulau Sumatra. Awalnya pulau ini terhubung langsung dengan Pulau Sumatra, namun karena meletusnya gunung berapi pada zaman pleistosen, akhirnya pulau ini terpisah dari Pulau Sumatra.

Bicara tentang Pulau Weh memang selalu berkaitan erat dengan ‘Iboih’. Tak jarang orang yang datang ke Pulau Weh pasti selalu menanyakan dimana ‘Iboih’ berada. Iboih adalah nama sebuah pantai yang berada di Pulau Weh. Pantai ini terkenal memiliki pemandangan yang memukau dan memiliki air yang sangat jernih. Seperti apa pemandanga cantik khas Pantai Iboih? Berikut ini adalah 8 fakta tentang Pantai Iboih dilansir reservasiblog.

1. Pantai Cantik di Ujung Negeri

Pantai Iboih terletak di Pulau Weh, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Pantai ini selalu menjadi sasaran utama yang dikunjungi oleh para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Pantai yang terkenal dengan pemandangannya yang memukau ini aslinya bernama “Teupin Layeu”. Banyak orang yang jatuh cinta dengan pantai ini karena pasirnya yang putih dan airnya yang sangat jernih. Bahkan dengan mata telanjang kalian bisa melihat keindahan bawah laut yang sangat memukau di pantai ini.
 
2. Pantai Iboih Sebenarnya adalah Pelabuhan

Sebenarnya Pantai Iboih adalah pelabuhan yang digunakan masyarakat untuk menuju ke Pulau Rubiah. Walaupun Pantai Iboih pelabuhan, namun keindahannya patut diacungkan jempol. Tak perlu diragukan lagi, air laut di pantai ini sangat jernih memiliki gradasi warna hijau kebiruan. Pesisir pantainya dihiasi dengan hamparan pasir putih yang bersih. Bukan hanya pasir putihnya yang bersih, kalian juga bisa menikmati hijaunya hutan yang berada didekat pantai. Mungkin inilah alasan mengapa Pantai Iboih dijuluki sebagai ‘a piece of heaven‘.

3. Sunrise di Pantai Iboih Nan Menawan

Cara terbaik menikmati keindahan alam di Pantai Iboih salah satunya adalah dengan cara melihat pemandangan matahari terbit dari pantai ini. Karena pemandangan matahari terbit disini benar-benar akan menghipnotis kalian. Mulai pukul 05.00 kalian bisa melihat dengan mata telanjang, cantiknya sang surya yang mulai menyinari dunia.

4. Snorkelling adalah Pilihan Tepat untuk Menikmati Keindahan Pantai Iboih

Pantai Iboih memang terkenal dengan kejernihan airnya, bahkan kalian bisa melihat langsung pemandangan dasar laut yang ada di Pantai Iboih. Tentu saja snorkelling adalah kegiatan yang tepat untuk menikmati pemandangan di bawah laut Pantai Iboih. Tak harus menyelam terlalu dalam, kalian sudah bisa berinteraksi langsung dengan ikan-ikan cantik yang bersembunyi dibalik-balik terumbu karang. Untuk menyewa alat snorkelling biasanya kalian akan dikenakan biaya Rp45.000 perorang. dengan begitu kalian bisa snorkelling sepuasnya satu hari penuh di Pantai Iboih.

5. Menyelam Asyik di Pulau Rubiah

Kurang puas jika hanya mencoba snorkelling di Pantai Iboih, kalian bisa mencoba diving melihat keindahan dasar laut dari Pulau Rubiah. Perlengkapan diving bisa kalian sewa seharga Rp400.000 lengkap sudah dipandu dengan instrukturnya.

6. Bermalam di Dermaga Iboih Inn

Di dekat Pantai Iboih memang tersedia banyak penginapan yang bagus, salah satunya Iboih Inn. Iboih Inn merupakan penginapan yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan dalam negeri. Yang terkenal dari Iboih Inn ini adalah restoran kecilnya yang langsung menghadap ke laut. Jadi kalian bisa menikmati hidangan sambil menikmati pemandangan laut lepas yang cantik.

7. Sate Gurita di Pantai Iboih Sangat Lezat

Berlibur Jauh ke sabang kurang pas rasanya jika tak mencicipi kuliner khas Sabang. Apalagi kalu bukan sate gurita. Sate gurita ini biasa disajikan dengan bumbu kacang, bumbu kecap, atau bumbu padang. Bisa kalian bayangkan betapa lezatnya sate gurita yang disajikan disana.

8. Akses Menuju Pantai Iboih Mudah

Untuk sampai ke Pantai Iboih, kalian bisa menyewa kendaraan yang ada di sekitar daerah Balohan. Kalian bisa menyewa mobil, motor, ataupun menggunakan angkutan umum seperti taxi dan becak motor. Biaya yang dikenakan perorangnya sekitar Rp50.000. Kalian akan diantar dari Pelabuhan Balohan menuju Pantai Iboih. Jarak dari Pelabuhan Balohan sampai ke Pantai Iboih sekitar 30 km atau sekitar 1 jam perjalanan.[rsvbg]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT