Bupati Rohul dan Pelalawan Akhirnya di Lantik

Jumat, 22 April 2016 - 00:00:15 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Bupati Rokan Hulu (Rohul), Riau terpilih Suparman, akhirnya dilantik bersama bupati Pelalawan HM. Harris di Jakarta, Jumat (22/4/16). Pelantikan bupati Rohul dan Pelalawan bersama wakilnya dilantik oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta.

Sebelumnya pelantikan Suparman dan Sukiman serta bupati Pelalawan HM Harris sempat ditunda karena pertimbangan dari Kemendagri dan sebagian kalangan menilai karena Suparman berstatus tersangka KPK dalam kasus dugaan suap RAPBD-P Riau Tahun 2014 dan RAPBD Riau Tahun 2015.

Suparman usai pelantikan kepada wartawan saat ditanyakan kemungkinan status tersangkanya membuat efektivitas pemerintahan terganggu, Ia menjawab semua harus diikuti sesuai prosedur.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya mengedepankan asas praduga tak bersalah. Karenanya Suparman tetap dilantik. 
Pemberhentian sementara akan dilakukan jika Suparman berstatus terdakwa. Pemberhentian tetap diputuskan apabila ada ketetapan hukum tetap atas kasus yang menjerat Suparman.

“Kalau OTT (operasi tangkap tangan) narkoba atau OTT suap, tidak perlu dilantik. Tetapi kalau tersangka polisi atau KPK, kejaksaan tunggu keputusan hukum tetap. Ada kok di NTT juga Sulawesi. Kami akan memberhentikan kalau langsung di tahan,” kata Tjahjo.

Selain melantik pasangan Suparman-Sukiman, Plt Gubernur Riau juga melantik pasangan Bupati dan Wabup Pelalawan terpilih HM Harris dan Marwan. Sebelum pelantikan untuk daerah Rohul dan Pelalawan, Plt Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi melantik enam kepala daerah dan wakil kepala daerah Sumut yakni Lakhomizaro Zebua-Sowa'a Laoly (Kota Gunungsitoli), Faduhusi Daely-Khenoki Waruwu (Kabupaten Nias Barat), Marselinus Ingati Nazara-Haogockhi (Kabupaten Nias Utara), Hilarius Duha-Sozanolo Ndruru (Kabupaten Nias Selatan), Terkelin Berahmana-Cory Sriwati Sebayang (Kabupaten Karo) dan JR Saragih (Kabupaten Simalungun). [**brs]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT