Larva Lebah Madu Lebih Baik Dari Daging?

Senin, 18 April 2016 - 00:00:19 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Dalam beberapa dekade ke depan diramalkan akan terjadi masalah kekurangan protein di bumi. Saat itu, peneliti memprediksi manusia akan berburu serangga. Alasannya, populasi serangga akan tetap terus berkembang meski air dan energi mulai berkurang di bumi, dua hal yang sangat dibutuhkan oleh hewan ternak. 

Serangga juga diketahui sebagai sumber protein yang paling menjanjikan. Namun, apakah mereka lebih sehat dibanding daging sapi, daging babi dan daging ayam?

Sekelompok peneliti telah melakukan pengujian untuk mencari tahu penghasil nutrisi paling utama dari dua macam daging. Keduanya adalah daging dari serangga yang biasanya dibunuh oleh manusia di kamar mandi, dan satu lagi jenis daging yang biasa dikonsumsi bersama dengan roti burger.

Mereka membandingkan antara larva kumbang, jangkrik, larva lebah madu, kumbang kelapa, ulat sutera, ulat magot dengan daging ayam, daging sapi dan daging babi. 

"Kebanyakan daging yang kita makan mempunyai kandungan yang sama dalam segi komposisi nutrisi. Tapi serangga yang dapat dimakan manusia sangatlah berbeda," ujar salah satu periset dari Universitas Oxford, Carlotte Payne seperti dikutip Time. Dari penelitian tersebut, ditemukan beberapa perbedaan yang di antaranya:

1. Kalori Larva kumbang Berbanding daging ayam
Jika dibandingkan dengan angka yang sama dalam satuan ons, maka larva kumbang memiliki kalori lebih besar dibandingkan dengan daging ternak. Larva kumbang memiliki 247 kalori per 3,5 ons. Sedangkan setiap 3,5 ons ayam mengandung 152 kalori.

2. Kandungan Protein Jangkrik Berbanding daging babi
Keduanya mempunyai angka yang sama yakni mengandung 29 gram protein dalam setiap 3.5 ons beratnya. 

3. Perbandingan Zat besi antara Larva lebah madu dengan daging sapi
Dalam setiap satu sendoknya, larva lebah madu mempunyai kandungan 850 persen.Untuk menyaingi kandungan nutrisi daging sapi, Anda harus menghabiskan larva lebah madu sebanyak satu sendok.

4. Perbandingan Lemak Kumbang kelapa dengan daging babi
Larva kumbang kelapa merupakan jenis serangga yang memiliki lemak lebih banyak dari daging babi. Larva jenis ini sangat berminyak sehingga Anda bisa menggorengnya.

5. Kandungan Lemak Jenih Ulat sutra dengan daging sapi
Mengejutkan bahwa kebanyakan serangga memiliki lemak jenuh di atas daging sapi. Ulat sutra dapat dihaluskan dan dipanggang dengan bawang putih dan disajikan dengan pate, yang nantinya bakal memberikan lemak jenuh sama dengan daging sapi. 

6. Jangkrik atau ayam yang mengandung lebih banyak sodium?
Umumnya serangga memiliki rasa asin saat dikonsumsi, khususnya jangkrik, yang memiliki kandungan sodium lebih banyak daripada daging apapun.

7. Ulat Mopane atau babi yang mengandung lebih banyak kalsium?
Serangga adalah sumber penghasil kalsium. Tiap onsnya, setiap serangga yang diuji mengandung jumlah kalsium yang lebih tinggi dibandingkan daging ternak. Namun untuk ulat Mopane, yang dimasak dengan potongan bawang, tomat dan biji-bijian hijau, menghasilkan kalsium paling tinggi. Dalam satu porsi ulat Mopane seberat 3,5 ons, terkandung 10ribu % kalsium lebih banyak dibanding daging babi dalam jumlah yang sama.

8. Kumbang kelapa atau daging ayam yang lebih sehat?
Untuk diet yang dilakukan karena makan berlebih ataupun obesitas, semua jenis daging dianggap lebih sehat daripada kumbang kelapa. Alasannya, kumbang kelapa memiliki nutrisi dan kandungan lemak yang tinggi. 

9. Di antara daging serangga dan daging ternak tersebut, manakah yang lebih sehat dikonsumsi bagi mereka yang kekurangan nutrisi?
Larva lebah madu duduk di posisi paling atas dibanding makanan yang lain, bahkan mengalahkan daging ternak. Hal itu membuat larva lebah madu menjadi sumber makanan bagi kelompok masyarakat yang kini memerangi masalah kekurangan nutrisi.[**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT