Muhammadiyah Umumkan Awal Bulan Puasa Ditetapkan 6 Juni 2016

Senin, 18 April 2016 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com – Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan penetapan awal ibadah puasa Ramadan 1437 Hijriyah, akan jatuh pada Senin 6 Juni 2016. Sedangkan hari raya Idul Fitri atau Lebaran jatuh pada Rabu 6 Juli 2016.

"Saya berharap masyarakat yang beragama Islam dapat meningkatan keimanan selama bulan Ramadan," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Senin 18 April 2016 seperti dikutip viva.

Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini juga berharap Ramadan bisa menjadi momentum untuk terus meningkatkan kualitas diri dalam beribadah dan hubungan sosial dengan sesama masyarakat.

"Ramadan momentum untuk meningkatkan beribadah dan hubungan sosial sesama masyarakat," jelasnya.
Pada kesempatan ini, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Oman Faturrahman, menjelaskan penetapan awal puasa dan Syawal tersebut didasarkan pada hasil hisab hakik wujudul hilal.

Menurutnya, ijtimak jelang Ramadan 1437 Hijriyah terjadi pada Ahad Legi, 5 Juni 2016 pukul 10.01 WIB. Tinggi bulan saat terbenamnya matahari di Indonesia berada di atas ufuk.

"Dengan perhitungan tersebut maka 1 Ramadan jatuh pada hari Senin 6 Juni 2016," katanya.

Sedangkan Ijtimak jelang Syawal 1437 Hijriyah terjadi pada Senin, 4 Juli 2016 pukul 18.03 WIB. Tinggi bulan saat terbenam matahari berada di bawah ufuk. 
Sementara itu, Ketua Majelis Tablig dan Dakwah PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas, memperkirakan awal puasa dan Idul Fitri di Indonesia akan dilakukan bersamaan.
"Insya Allah dengan melihat hasil hisab ini, kemungkinan tidak akan ada perbedaan awal puasa dan Syawal di Indonesia," kata dia.[vva]

 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT