Bidan Bertanggungjawab Dalam Pelayanan Kesehatan

Ahad, 17 April 2016 - 00:00:18 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan, asuhan kebidanan adalah penerapan fungsi dan kegiatan yang menjadi tanggungjawab dalam memberikan pelayanan kepada klien. Kebutuhan masalah dalam bidang kesehatan ibu hamil, masa persalinan, masa nifas, bayi setelah lahir serta keluarga berencana.

Sedangkan menurut ruang lingkupnya, asuhan kebidanan adalah asuhan yang diberikan seorang bidan kepada remaja putri, wanita pra nikah, ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, bayi baru lahir, bayi dan balita, menopause, dan wanita dengan gangguan reproduksi.

Sementara berdasarkan jenisnya, asuhan kebidanan terdiri dari asuhan kebidanan pada ibu hamil, pada ibu bersalin, pada ibu nifas, pada bayi baru lahir, pada neunatus dan Balita, pada pelayanan Keluarga Berencana, serta asuhan kebidanan pada wanita dengan gangguan reproduksi.

Kesemua jenis asuhan kebidanan yang diberikan seorang bidan terhadap kliennya, menurut Amril, memiliki korelasi langsung dengan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

"Begitu juga kualitas asuhan kebidanan yang diberikan. Semakin baik asuhan kebidanan yang diberikan seorang bidan pada kliennya, maka akan semakin kecil pula kemungkinan terjadinya kematian ibu dan bayi," kata Amril.

Sambutan tertulis Amril Mukminin ini dibacakan Pelaksana Tugas Asisten Tata Praja, Hj Umi Kalsum Rozali ketika membuka seminar dan workhop kebidanan yang ditaja Pengurus Cabang Bengkalis Ikatan Bidan Indonesia, Minggu (17/4/16).

Seminar dan workshop yang mengambil tema 'Tingkatan Kualitas Asuhan Kebidanan untuk Menurunkan AKI dan AKB' itu, dilaksanakan di Pantai Marina Hotel, Bengkalis.

Hadir dalam kegiatan diikuti  peserta 258 bidan yang terdiri dari Bidan Pemerintah baik PNS maupun PTT serta Bidan Prektek Swasta,selama 2 hari, dengan menghadirkan nara sumber Dr. Fadler Spog. Der. Ardi Budi Dharma SPA. Rita Puspa SKM. MP. Bidan Linda Am.Keb.Dinas Kesehatan Bengkalis dan Fasilitator Bidan Delima, dilaksanakan di Pantai Marina Hotel, Bengkalis. [rdi]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT