Siswi di Bali Ciptakan Motor Berbahan Bakar Air

Siswi di Bali Ciptakan Motor Berbahan Bakar Air

Metroterkini.com - Jika di solo pelajar mampu menciptakan kendaraan listrik. Kini di Kabupaten Tabanan Bali, Ni Made Ayu Rita Adriani, siswi SMAK 3 Tabanan bereksperimen dengan membuat motor berbahan bakar air.

"Ide ini muncul sudah sejak lama, sejak naik turunnya BBM. Memang mustahil, tapi setelah diuji ternyata bisa," ujar Made Ayu, Sabtu (16/4).

Diakuinya apa yang dikerjakannya ini tidak lepas dari bimbingan dari guru dan kepala sekolah. Terlebih lagi dukungan dan bantuan bersama siswa lain guna menerapkan alternatif bahan bakar air pada sebuah sepeda motor.

"Kita beri nama uji coba ini, sepeda motor berbahan air," sebutnya.

Made Ayu menjelaskan cara kerja sepeda motor berbahan bakar air tersebut adalah ketika kunci kontak on maka terminal positif tabung reactor mendapat arus listrik dari Accumulator mengalir pada kumparan atau lilitan di dalam tabung 1 (reactor), sehingga terjadi efek pemanasan campuran air dan soda kue bereaksi dan menghasilkan gas. 

Kedepannya, pihaknya akan terus mengembangkan sepeda motor berbahan bakar air tersebut agar bisa segera dipatenkan, karena selain inovtif juga ramah lingkungan. Meskipun menggunakan peralatan yang sederhana, namun ide brilian ini patut diberikan apresiasi oleh Pemerintah setempat. 

"Sekarang kan toplesnya masih diluar, jadi akan terus kita sempurnakan," tandasnya. [mrd]

Berita Lainnya

Index