Minum Kopi Ternyata Bikin Kamu Jadi Orang Jujur

Jumat, 15 April 2016 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kopi mungkin jadi minuman paling ampuh membantumu tetap melek saat begadang mengerjakan tugas kuliah, kantor atau nonton film malam hari. Tapi kopi seringkali dinilai tak sehat jika diminum berlebihan karena kandungan kafeinnya yang menyebabkan jantung berdebar dan menyebabkan kamu kurang tidur.

Meski kafein punya beberapa sisi negatif, tapi banyak juga manfaat kafein yang mungkin belum kamu ketahui. Seperti yang ditemukan sebuah penelitian baru-baru ini yang mengatakan bahwa kafein ternyata bisa membuatmu lebih jujur.

Dalam penelitian tersebut, peneliti membandingkan antara 100 mahasiswa yang suka begadang (kelompok A) dengan 100 mahasiswa yang tidur cukup (kelompok B). 

Untuk percobaan awal, 200 mahasiswa ini diberi permen karet, ketika separuh di antaranya menerima permen karet biasa, setengah lainnya menerima permen karet dengan kandungan kafein 200 gram.

Mereka kemudian diberi permainan di mana mereka akan berbagi uang dengan salah satu partisipan, mereka bisa mengatakan jujur atau bohong dengan siapa mereka berbagi uang. Hasilnya mengejutkan, mereka (dalam kelompok kurang tidur) yang mendapatkan permen berkafein ternyata jauh lebih mungkin berkata jujur dibanding mereka yang tak mendapat permen kafein.

Orang dalam kelompok A yang tidak mendapat permen karet berkafein cenderung akan berkata bohong atau melakukan 'penyimpangan etika', namun dengan asupan kafein, ternyata bisa menekan perilaku ini dan menjadikan orang lebih jujur.

Jadi, asal tak dikonsumsi berlebihan, kafein bukan hanya baik untuk tubuh, tapi juga bisa membuatmu jadi orang yang lebih jujur dan baik. Tak perlu menghindari minum kopi karena ternyata ada manfaat tersembunyi yang menakjubkan dari kafein. [**]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT