Tokoh Muda Meranti Dukung Provinsi Riau Pesisir

Ahad, 10 April 2016 - 00:00:14 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Semenjak disetujui pembentukan Provinsi Riau Pesisir dalam sidang paripurna DPRD Riau, pada Senin (18/8/14) lalu, masih ada elit politik yang ragu-ragu mendukung hasrat tersebut. Namun, tidak dengan kalangan tokoh pemuda Riau Pesisir. Mereka sangat mendukung agar semengat pembentukan daerah otonomi baru (DOB), Provinsi Riau Pesisir pemekaran dari provinsi induk, Provinsi Riau segera terwujud.

Salah satunya Adiarno, tokoh muda dari Kabupaten Kepulauan Meranti kepada metroterkini.com, Minggu (9/4/16).

Menurut Adiarno yang akrab dipangggi Adi ini, lahirnya DOB dari pemekaran Provinsi Riau sebuah harapan. Namun, harus mealui mekanisme dan pemikiran dan kajian yang matang agar masyarakat yang mendiami Riau Pesisir tahu perjuangan tersebut untuk siapa.

Adi mencontohkan banyaknya lahir DOB sebelumnya hanya untuk memenuhi syawat politik segelintir orang, sebaliknya masyarakat hanya pelengkap dan kemudian dibiarkan tetap menderita.

Agar ketakutan masyarakat ini bisa dikesampingkan, Adi meminta Badan Pekerja Pembentukan Provinsi Riau Pesisir (BP3RP) betul-betul menkaji secara matang semua aspek.

Adi melanjutkan, pembentukan DOB Riau Pesisir harus mengutamakan kesejahteraan masyarakat, bukan sekedar diperbincangkan diatas kertas demi ambisi elit politik semata.

"Kita sangat mendukung terbentuknya Provinsi Riau Pesisir. Tetapi, tentu harus melalui kajian yang dalam dari segala aspek. Yang tak kalah pentingnya harus mensejahterakan masyarakat, bukan untuk kepentingan elit saja," tegas Adi ketika dihubungi Minggu sore.

Seperti diberitakan, pembentukan Provinsi Riau Pesisir ini berdasarkan rapat enam pimpinan fraksi yang ada di parlemen Provinsi Riau. Hasil rapat ini termuat dalam rancangan peraturan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau 2014-2019 yang sidang paripurnanya digelar pada 18 Agustus 2014 lalu di Gedung DPRD Provinsi Riau.

Setelah disahkan akan dibahas dengan Gubernur Riau untuk selanjutnya dikonsultasikan lebih lanjut dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Sejauh ini, rencana pemekaran Provinsi Riau Pesisir masih dalam kajian berdasarkan wilayah dan letak geografis. Selain itu kekayaan alam 

Riau menjadi salah satu faktor pendukung perlunya diwujudkan pemekaran. Supaya pembangunan di segala bidang benar-benar menjangkau seluruh lapisan masyarakat dimanapun berada

"Tujuan pemekaran Provinsi Riau Pesisir adalah untuk memperpendek rentang kendali, dalam memberikan pelayanan publik yang efektif dari pemerintah untuk masyarakat. Jadi rencana itu akan kita dukung seoptimal mungkin," kata Heru Wahyudi saat diminta komentarnya beberapa waktu lalu.

Sebagai bentuk keseriusan, (BP3RP) telah menyerahkan dukomen kajian pembentukan Provinsi Riau Pesisir kepada Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Lukman Edy.

"Saya menjadi saksi beberapa tahun lalu pembentukan Provinsi Kepri. Banyak aral melintang sehingga terbentuklah Provinsi Kepri saat ini. Dan keberhasilan provinsi dengan geografis kemaritiman, kita bisa sebagai provinsi pemekaran terbaik di pembangunan ekonomi," ujar Lukman di Kaliandra Meeting Graha Pena Riau Pos, Kamis (31/3/16) bulan lalu. [rdi]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT