Bupati Rohul Tinjau Pelaksanaan UN di Tiga Sekolah

Senin, 04 April 2016 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Bupati Rokan Hulu Drs H Achmad Msi, Senin (4/4/16) pagi melakukan tinjauan ke beberapa sekolah yang menjadi lokasi Ujian Nasional (UN) dan memberikan Motovasi kepada siswa demi Kelancaran Pelaksanaan Ujian Nasional tersebut serta mendoakan supaya seluruh siswa untuk meraih hasil maksimal pada UN tahun 2016 ini.

Ada 3 sekolah yang di kunjungi Bupati Rohul dua Priode ini di antaranya, SMK 1 Rambah yang berada di depan Kantor Disdikpora Rohul, Komplek perkantoran Pemda Rohul, MAN 1 Rambah yang berada di Desa Rambah Tengah Hilir, dan SMA 1 Rambah Yang berada di jalan dipenogoro Pasirpengaraian.

Dalam tinjauan tersebut, Achmad tampak setia didampingi kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Rohul H M Zein, serta Dewan Pendidikan Provinsi Riau,  Dr Adolf Bastian Tambusai Mpd.

Dalam tinjauan tersebut, Achmad satu persatu mendatangi ruang kelas ujian untuk memberikan motivasi serta mendoakan siswa dapat lulus dan meraih hasil maksimal pada ujian nasional tahun 2016 ini. Achmad menyebutkan motivasi ini merupakan bentuk kepedulian, bahwa  pemerintah daerah tidak melepaskan begitu saja tetapi tetap mendampingi siswa sampai akhir proses belajar mereka.

“Saya sengaja masuk keruang ujian tadi untuk memeberikan motivasi. mereka, tidak akan terganggu, mereka bahkan merasa bangga, saya merasakan sendiri waktu saya ujian SMA dulu, saya pernah didatangi Kakanwil, pada saat itu kita bangga. oh, ternyata kita diperhatikan dan didoakan oleh pejabat secara psikologis ini luar biasa bagi peserta didik,” ungkap Achmad.

Achmad Mengungkapkan dari hasil tinjauan yang dilakukannya, secara umum, pelaksanaan UN di hari pertama berjalan lancar. Seluruh prosedur mekanisme ujian, berjalan dengan baik, serta tidak terdapat kegaduhan dalam teknis pelaksanaannya.

“Dalam pendistribusian soal pun tidak ada kendala, seluruh soal dalam kondisi bersegel, tidak ada ditemukan dalam kondisi robek atau tercetak tidak sempurna. sudah dipastikan ini sangat penting isu seperti ini, di Rohul tidak ada yang bocor atau mendapat jawaban soal,” tuturnya.

Kesiapan Rohul melaksanakan ujian nasional di Rokan Hulu tingkat SLTA turut mendapat apresiasi dari Dewan Pendidikan Provinsi Riau DR Adolf Bastian. Menurutnya, dari hasil pemantauan yang dilakukan, pelaksanaan UN di Rohul cukup Baik dan para siswa terlihat cukup antusias serta memiliki optimesme tinggi.

Berdasarkan data Disdikpora Rohul jumlah perserta Ujian Nasional tahun 2016 ini mencapai  5837 Siswa yang terdiri dari 2822 Siswa SMA, 2008 Siswa SMK 391 Siswa MA Dan 616 Siswa Paket C.

Pelaksanaan Ujian nasional 2016 SMA, akan digelar mulai 4 April 2016 hingga 7 april 2016. di Rokan Hulu, pelaksanaan Ujian Nasional seluruhnya  menggunakan sistem paper based test (UN-PBT) atau menggunakan kertas manual. Sementara berbasis ujian nasional berbasis komputer tidak bisa diterapkan, karena terkendala jaringan internet dan keterbatasan perangkat komputer serta listrik yang di alami sekolah. [Adv/Humas]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT