Dewan Dukung Pemkab Rohil Rebut Pengelolaan Blok Rokan

Dewan Dukung Pemkab Rohil Rebut Pengelolaan Blok Rokan


Metroterkini.com - DPRD Rokan Hilir (Rohil) memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil untuk dapat merebut pengelolaan blok Rokan 2021 mendatang.

Pasalnya, kontrak PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) untuk mengelola sumber minyak yang ada di Blok Rokan termasuk di Rohil akan segera habis tahun 2021 mendatang. 

Jika Pemkab Rohil maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dapat mengelolanya sendiri melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maka pemasukan daerah akan menjadi lebih banyak.

"Jangan lengah lagi, kami selaku dewan mendukung penuh jika pemkab berusaha merebut pengelolaan blok Rokan," terag Abu Khoiri Ketua Komisi A DPRD Rohil, belum lama ini.

Untuk itu, pemerintah daerah mulai sekarang harus menyiapkan SDM. Jika ini tidak disikapi kedepan hal ini bisa diambil oleh pihak lain dan daerah kembali jadi penonton saja dan hanya mengharapkan dana bagi hasil yang prosentasenya kian kecil.

Dalam hal ini, tambahnya, Pemerintah diminta untuk tidak lalai apalagi perhitungan waktu yang tersisa tinggal beberapa tahun saja. Menjelang itu harus dilakukan langkah-langkah strategis dan upaya yang terarah agar blok Rokan dapat dikelola oleh daerah, baik melalui BUMD ataupun dengan melibatkan pihak lain.

Sejumlah wilayah di Rohil terangnya memiliki cadangan minyak yang besar sementara DBH mengalami tren yang terus menurun. Jika kedepan Pemkab maupun Riau dapat mengelola langsung minyak diyakini dana yang diterima lebih signifikan sehingga dapat mempercepat pembangunan di daerah. [**man]

Berita Lainnya

Index