Google Chrome Ancam Safari di Platform iOS dan Android

Kamis, 24 Maret 2016 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Instagram


Metroterkini.com - Aplikasi browser Google Chrome ternyata tak hanya populer di perangkat Android, tetapi juga iOS seperti iPhone atau iPad.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh Adobe Digital Index (ADI) menunjukkan bahwa pertumbuhan pengguna Google Chrome lebih cepat daripada Safari. Ini membuktikan Chrome tak cuma jago kandang di platform Android.

"Pengguna iPhone mengunduh Chrome untuk menggantikan browser default mereka. Ini merupakan fakta bahwa pengalaman pengguna yang disajikan Chrome mampu menarik perhatian," kata Adam Lloyd, seorang analis ADI.

Berdasarkan analisis yang dilakukan, pengguna Chrome pada perangkat ponsel pintar berhasil tumbuh 77 persen dari tahun ke tahun. Pada periode yang sama, pertumbuhan Safari mencapai 33 persen.

ADI juga melakukan survei terhadap 1.000 konsumen di Amerika untuk mengetahui browser favorit pada smartphone mereka. Dari survei tersebut terlihat bahwa sebagian besar pengguna perangkat iOS lebih memilih Safari (43 persen) sementara Chrome (33 persen). Hal ini memperlihatkan celah kecil antara browser buatan Apple dan Google.

"Google mampu memposisikan Chrome sebagai browser multidevice yang terpadu," kata Lloyd.

Di kalangan pengguna perangkat iOS sendiri, baik iPhone dan iPad, pertumbuhan browser Chrome dan Safari keduanya terus meningkat dari tahun ke tahun. Pengguna Safari meningkat 34 persen dan Chrome 19 persen.

Di sisi lain, ADI juga sempat mengukur tingkat sentimen terhadap produk Apple pada media sosial. Hasilnya, terjadi penurunan tren pada seluruh Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik. 

Meski begitu, produk baru Apple yang segera dirilis, iPhone SE berhasil menjadi salah satu topik yang paling ramai dibicarakan. [cnn]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT