Enrekang Dideklarasikan Jadi Kabupaten Literasi

Enrekang Dideklarasikan Jadi Kabupaten Literasi

Metroterkini.com - Di hadapan 500 undangan yang memenuhi kantor dinas pendidikan Kabupaten Enrekang, Bupati Enrekang H. Muslimin Bando membacakan pernyataan resmi  kabupaten Enrekang menjadi Kabupaten Literasi. 

“Kami, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Enrekang menyatakan diri sebagai Kabupaten Literasi,” tegasnya mengawali pernyataan resmi tersebut, (22/3/16). 

Ditegaskan dalam deklarasi tersebut bahwa pemerintah akan mendorong budaya baca dan meningkatkan minat baca di masyarakat. 

Pemerintah juga akan membenahi berbagai sarana baca, baik di perpustakaan, di sekolah maupun tempat-tempat strategis di Kabupaten Enrekang.

Setelah membacakan deklarasi, bupati juga menandatangani sebuah prasasti pencanangan Enrekang sebagai kabupaten literasi. Hadir dalam deklarasi tersebut Ketua DPRD Enrekang Drs. H. Banteng, Kepala Bappeda, Kepala Arsip dan Perpustakaan, Kabid Dikdas, Kemenag, pengurus IGI dan PGRI, Tim USAID PRIORITAS, tokoh agama, LSM, Komunitas Literasi Enrekang dan lain lain. Hadir pula Satria Dharma, konsultan gerakan literasi Kemendikbud Jakarta dan ketua Forum Literasi Indonesia.

Dalam sambutan resminya, Bupati mengajak guru untuk kreatif membangun minat baca dan memanfaatkan perpustakaan daerah sebaik-baiknya, “Kita telah menambah koleksi-koleksi buku perpustakaan, doronglah siswa, dan semua orang untuk rajin mengunjungi perpustakaan,” ujarnya. [**ril]

Berita Lainnya

Index