Lima Proyektil Jarak Pendek Korut Jatuh di Laut Timur

Senin, 21 Maret 2016 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Korea Utara (Korut) kembali meluncurkan proyektil jarak pendek dari sebuah lokasi dekat kota Hamhung, wilayah pantai timur negara tersebut. Dilaporkan sedikitnya ada lima proyektil yang ditembakkan negara komunis tersebut dalam satu hari.

Disampaikan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel), seperti dilansir CNN, Senin (21/3/16), peluncuran lima proyektil ini terjadi antara pukul 15.19 waktu setempat hingga pukul 16.05 waktu setempat. Tidak disebutkan lebih lanjut jenis proyektil yang diluncurkan.

Dalam pernyataannya, Kepala Staf Gabungan Korsel menyebut proyektil-proyektil itu mengudara sejauh 200 kilometer ke arah perairan sebelah timur Semenanjung Korea. Informasi menyebut proyektil itu jatuh di perairan Laut Timur.

Militer Korsel terus memantau situasi di Semenanjung Korea dan berada dalam posisi siaga penuh. 

Aktivitas rudal Korut terus aktif dalam beberapa bulan terakhir. Sejak awal Februari, tercatat Korut telah meluncurkan sekitar 15 proyektil berbeda dalam empat kesempatan.

Peluncuran semacam ini merupakan yang kedua kali dilakukan Korut dalam waktu kurang dari seminggu. Pada Jumat (18/3) lalu, Korut meluncurkan dua rudal jarak jauh dari wilayah Sukchon, yang diklaim mampu mencapai wilayah Jepang.

Peluncuran rudal itu memicu protes keras dari Jepang, yang menyerukan kepada Korut untuk menahan diri. [**dtc]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT