Korban Tewas Pesawat Flydubai 62 Orang, 11 Penumpang WNA

Sabtu, 19 Maret 2016 - 00:00:15 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Otoritas Rusia memperbarui informasi soal kecelakaan yang menimpa pesawat dari maskapai Flydubai. Sebanyak 62 orang dinyatakan tewas, 55 penumpang dan tujuh kru pesawat. 

Sebelumnya, disebutkan terdapat 61 penumpang dan kru pesawat yang menjadi korban tewas. 

Flydubai terbang dari Dubai menuju bandara Rostov-on-Don, namun jatuh ketika mencoba mendarat pada Sabtu (19/3) pukul 03.50 waktu setempat.

Sebagian besar dari penumpang merupakan warga Rusia. Informasi yang diterima oleh CNN Indonesia dari Kementerian Luar Negeri Indonesia menyebut dari 55 penumpang, 44 orang merupakan warga Rusia, dan 11 warga negara asing, berdasarkan informasi awal. Delapan korban disebut berkewarganegaraan Ukraina, dua warga India dan seorang warga Uzbekistan. 

Sementara itu, “KJRI Dubai dan KBRI Moskow sedang bergerak untuk mencari informasi lebih lanjut….KBRI Moskow sudah berhubungan dengan Emercon (Kementerian Emergency Rusia) dan crisis centre Kemlu Rusia,” ujar Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, lewat pesan instan.

Flydubai merupakan maskapai penerbangan bertarif rendah yang dimiliki oleh pemerintah Dubai.

“Pesawat jatuh ke tanah dan hancur berkeping-keping,” kata Komite Investigasi Rusia dalam pernyataan di situsnya, seperti dikutip Reuters. “Menurut data awal, ada 55 penumpang dan tujuh anggota kru. Mereka semua tewas.”

Sayang pesawat menabrak tanah dalam percobaan kedua pesawat untuk mendarat, lalu terbakar, menurut Kementerian Darurat Rostov dalam pernyataan.

Gubernur wilayah itu mengatakan cuaca buruk dengan angin kenang di wilayah Rostov—diduga menjadi penyebab kecelakaan. Namun Zhanna Terekhova, penasihat menteri transportasi Rusia, mengatakan kesalahan pilot juga bisa menjadi faktor. Pesawat itu jatuh hanya sekitar 250 meter dari awal landasan pacu. 

Gambar buram dari kamera keamanan yang tersebar dan disiarkan oleh televisi Rusia menunjukkan ledakan besar di ketika pesawat jatuh.

Kementerian Darurat Rusia juga mengatakan bahwa enam kru bukan merupakan warga Rusia, namun belum mengungkap kewarganegaraan mereka. Tujuh anak-anak juga disebut berada di dalam pesawat. [cnn]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT