Camat Harus Mampu Pantau Kinerja Kades Laksanakan ADD

Selasa, 15 Maret 2016 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sekdakab Kampar Zulfan Hamid saat pelantikan camat di beberapa kecamatan di Kampar, menghimbau para camat untuk memantau kinerja para Kades dalam penggunaan ADD. Para camat juga harus pintar membaca perkembangan dunia melalui membaca perkembangan teknologi dan kebutuhan pembangunan di Kecamatan dan desa khususnya. 

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kampar Zulfan Hamid, usai melakukan penandatangan SK dan serah terima jabatan Camat Salo dari M Nasir kepada Fajri Hasbi di aula kantor Camat Salo, Senin (14/3) kemarin. Menurutnya tugas Camat juga mesti pandai menyusun "time scedule" atau perencanaan kegiatan pembangunan di Kecamatan, gunanya agar pembangunan sesuai dengan perencanaan dan tepat waktu juga sasaran.

Menurut Sekda, untuk pelaksanaan tugas yang lebih terarah, maka Camat juga harus mengecek RKA dan DPA Kecamatan sebagai acuan kerja. Sebab, kerja itu sebenarnya sudah ada berdasarkan RKA dan DPA, jadi Camat tinggal meneruskan dan menyukseskan dengan sebaiknya. Setelah itu, Camat berkewajiban melaporkan kepada Bupati.

Zulfan melanjutkan, Camat juga harus menyusun SKP sesuai jabatannya baru sebagai Camat, yang dimulai sejak SK pengangkapatan Camat di Kecamatan Salo, gunanya sebagai tolok ukur penilaian prestasi kerja dan keberhasilan.

Menyangkut sertijab, Zulfan menjelaskan mutasi merupakan suatu hal yang pasti, baik itu perputaran ke atas atau ke bawah. Hal ini dilakukan Pemkab dalam rangka pembinaan dan penyegaran, mengisis jabatan yang kosong.

Hal yang lebih penting ke depan adalah sebagai perpanjangan tangan Pemkab, Camat harus kuasai semua persoalan terlebih masalah administrasinya. Apalagi selaku pimpinan SKPD disamping melaksanakan tugas umum pemerintah di wilayah kecamatan juga berkewajiban mempertanggung jawababkan keuangan yang dikelola oleh kecamatan dengan membuat laporan pertanggungjawaban sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

Termasuk melakukan pembinaan, pengendalian dan pengawasan ADD berikut dalam pelaksanaan nantinya di tingkat desa, Kontrol rekening ADD dan pastikan masuk ke rekening Desa bukan rekening atas nama Kades atau lurah, kontrol pelaksanaan dan penyalurannya serta masalah administrasinya.

Sekda juga mengharapkan kepada tokoh masyarakat, ninik mamak untuk dapat memberikan dukungan kepada camat yang baru terutama dalam rangka peningkatkan pembangunan di kecamatan.

"Selamat kepada camat yang baru semoga nantinya dapat melaksanakan tugas, fungsi dan wewenang dengan sebaik-baiknya, dan kepada camat yang lama Sekda mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya," ucapnya. [inf/hms/ali]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT