Tips Agar Furniture Kayu Tidak Mudah Keropos

Ahad, 13 Maret 2016 - 00:00:15 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Perabotan rumah yang terbuat dari kayu adalah pilihan yang tepat untuk memberikan sentuhan vintage atau rustic di rumah. Namun Anda harus pintar dalam merawatnya agar tidak mudah retak, warna memudar, atau cepat kotor. 

Dikutip laman indiatimes.com, berikut cara merawat furniture kayu agar tetap bagus dan tahan lama. 

Hindarkan dari Panas Secara Langsung

Furniture kayu memiliki kandungan kelembaban di dalamnya. Oleh karena itu, hindarkan dari tempat yang terkena panas secara langsung karena bisa menyebabkan furniture kayu retak-retak. Warna kayu juga bisa memudar bila sering terkena cahaya matahari.  Jadi, sebaiknya tidak menempatkan kursi atau meja kayu dekat kompor atau perapian.

Tidak Direndam Air

Hindari merendam furniture dari kayu di dalam air. Tidak pula langsung mengguyurnya dengan air karena bisa merusak permukaan furniture. Sebaiknya siapkan air hangat dan spons untuk mencucinya. Sedikit berikan sabun ke dalam air untuk membersihkannya. Gunakan sikat gigi untuk menyikat sudut yang sulit. Setelah itu, akhiri dengan mengambil kain basah dengan permukaan yang lembut untuk mengelap permukaannya secara keseluruhan.

Sering Dibersihkan

Banyak pemilik rumah yang malas membersihkan perabotannya. Hal itu bisa menyebabkan kursi, meja, atau lemari kayu menjadi kotor dan berdebu. Anda harus rutin membersihkan furniture kayu. Setelah dibersihkan jangan lupa melapisinya dengan sarung atau taplak meja.

Manfaatkan Semir Sepatu

Manfaatkan semir sepatu untuk menyembunyikan retak-retak pada furniture yang sudah lama. Pilih warna yang sama seperti permukaan furniture Anda.

Demikian beberapa tips merawat furniture kayu agar tak mudah rusak dan lebih tahan lama. Semoga bermanfaat! [vml]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT