Jokowi Targetkan Waduk Gondang Selesai Tahun Depan

Jumat, 11 Maret 2016 - 00:00:19 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Usai memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo blusukan ke Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Dia blusukan untuk memantau pembangunan Waduk Gondang yang ada di kecamatan itu.

Jokowi mengatakan, pembangunan waduk tersebut masih dalam pengerjaan dan ditargetkan selesai pada 2017.

"Yang kita harapkan nanti akhir tahun depan, kerja pagi siang malam, tiga shift, Insya Allah ini selesai. Ini baru 24 persen," ujar Jokowi di Karanganyar, Jumat (11/3/16).

Menurut dia, Waduk Gondang akan mengakhiri kekeringan di daerah ini. Waduk tersebut akan mengairi sekitar 4.800 hektare lahan baik yang ada di Karanganyar maupun Sragen. 

"80 persennya di wilayah Sragen yang nantinya bisa diairi," kata Jokowi.

Waduk Gondang, lanjut dia, merupakan salah satu dari beberapa waduk yang telah kita kerjakan. Pembangunan waduk itu diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian di wilayah ini. 

"Kita harapkan selesainya waduk, mestinya akan meningkat baik berkaitan dengan padi maupun produksi lainnya," ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan, pemerintah akan membangun 8 waduk pada 2016. Proyek tersebut merupakan bagian dari 49 waduk atau bendungan yang akan dibangun selama masa pemerintahannya. 

"Tahun kemarin waduk dibangun 13, tahun ini 8, dan masih sisa 28 lagi yang akan dikerjakan. Ada yang selesai 2 tahun; 2,5 tahun; dan 4 tahun tergantung besarnya waduk," kata Jokowi.

Saat melakukan peninjauan, Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Karanganyar Juliyatmono.

13 Waduk/bendungan yang dibangun pada 2015 adalah Waduk Raknamo di Kupang-NTT, Waduk Pidekso di Wonogiri-Jawa Tengah, Waduk Logung di Kudus-Jawa Tengah, Waduk Lolak di Bolaang Mongondow-Sulawesi Utara, Waduk Kuereto di Aceh, Waduk Passaloreng di Wajo-Sulawesi Selatan, Waduk Tanju di Dompu-NTB, Waduk Mila di Dompu-NTB, Waduk Bintang Bano di Sumbawa Barat-NTB, Waduk Kairan di Lebak-Banten, Waduk Tapin di Tapin-Kalimantan Selatan, Waduk Rotikold di Belu-NTT, dan Waduk Telagajawa di Karangasem-Bali.

Sedangkan 8 waduk/bendungan yang dibangun pada 2016 adalah Waduk Rukoh di Aceh, Waduk Sukoharjo di Lampung, Waduk Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara, Waduk Ladongi di Sulawesi Tenggara, Waduk Ciawi di Jawa Barat, Waduk Sukamahi di Jawa Barat, Waduk Leuwikeris di Jawa Barat, dan Waduk Cipanas di Jawa Barat. [**lp6]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT