Eva Yuliana Tinjau Kesiapan Desa Ikuti Lomba BBGRM di Tapung Hilir

Jumat, 11 Maret 2016 - 00:00:19 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Menjelang lomba Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) tingkat Provinsi Riau, Desa Tapung Makmur sebagai salah satu Desa yang ditunjuk untuk mewakili Kabupaten Kampar mengikuti lomba di tingkat Provinsi harus cepat berbenah dan mempersiapkan diri.

Hal itu ditekankan Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj. Eva Yuliana pada saat turun langsung meninjau kesiapan Desa Tapung Makmur Kecamatan Tapung Hilir sebagai salah satu desa yang ditunjuk untuk mewakili Kabupaten kampar ditingkat Provinsi,riau saat berkunjung di tapung hilir belum lama ini,

Dikesempatan itu, hadir juga Kepala BPMPD Kabupaten Kampar Surya Budhi, Camat Tapung Hilir Pringgo Wahono, Kepala Desa Tapung Makmur dan Kepala Desa se-Kecamatan Tapung Hilir.

Dalam arahannya, Eva mengatakan, biar menjadi Desa yang terbaik nantinya, Desa Tapung Makmur ini hendaknya harus menyiapkan segala sesuatunya dari sekarang, karena nantinya tidak hanya Desa Tapung Makmur ini saja yang menjadi pilihan, tetapi ada dua Desa nantinya yang akan bersaing, salah satunya Desa Desa Baru yang berada di Kecamatan Siak Hulu juga ditunjuk.

Awalnya saya sempat ragu juga, apakah ini hanya pandai-pandai tim PKK dan kepala badan BPMPD saja yang menunjuk Desa Tapung Makmur, atau Desa ini memang benar-benar layak, untuk itulah saya dan rombongan turun lansung untuk melihat sudah sejauh mana kesiapan Desa Tapung Makmur ini,”katanya.

Lebih lanjut, Eva juga mengingatkan yang dinilai untuk perlombaan nantinya bukan saja perlombaan untuk administrasinya saja,tetapi lebih banyak lagi.

“Bukan administrasi PKK nya saja, Posyandunya saja,itu tetap juga dinilai tetapi yang lebih dinilai lagi apa yang ada di Desa kita ini semuanya, termasuk toganya Lingkungan Hidup Bersih (LHB), PHBS, UP2Knya bagaimana, posyandunya bagaimana, koperasinya bagaimana, ini akan dinilai semuanya,”sebutnya.

Dan tak kalah penting juga, cakupan KB, suami siaganya, ruang pojok merokok, bank darahnya juga kita perhatikan.tegasnya

Yang menjadi perhatian kita bersama, untuk bapak-bapak yang suka merokok dirumah, kalau dia merokok didalam rumah itu sangat bahaya untuk kesehatan anak-anak, apalagi ada balitanya ini sangat-sangat bahaya. “Percuma dong kita kasih pin polio kalau bapak-bapaknya dirumah masih suka ngerokok, asap rokok yang nantinya  dihisap anak-anak dan balita, ini sangat bahaya, makanya salah satu jalan keluarnya yaitu dengan membuat ruang pojok merokok,”tambah Eva.

Jadi, menjelang peringatan Hari bhakti bulan gotong royong ini, bagaimana kalau sama-sama kita juga gotong royong, hal ini kita lakukan untuk kemakmuran, kesejahteraan desa kita juga. Apalagi Kalau kita ingin Tapung Makmur yang terpilih nantinya untuk mewakili Kabupaten untuk lomba ditingkat Provinsi kita harus menyiapkan langkah-langkah supaya tidak jatuh pilihannya buat Desa Desa baru yang berada di Kecamatan Siak hulu.

Mungkin dengan cara LHB harus kita jalankan, PHBS, Posyandu, kader-kader posyandu, kalau perlu posyandu mana nantinya yang akan ditunjuk harus dipersiapkan, kader-kader lansia juga yang sudah termasuk program nasional termasuk penilaian juga, UP2K nya bagaimana dan pos siskamling. Kalau untuk pos siskamling nantinya, kita akan bangun secara gotong royong perdusun, kita akan gotong royong bersama-sama,ungkapnya. [Infotoria hms-ali]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT