Djarum Foundation Suport Siswa SMK Produksi Film Animasi 3D

Selasa, 08 Maret 2016 - 00:00:15 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Siswa SMK Raden Umar Said Kudus menggarap film animasi 3D  berjudul ‘Pasoa dan Sang Pemberani’. Film ini berkisah tentang seekor hewan mitologi bernama Pasoa yang berwujud paduan dari beberapa hewan di Indonesia.

Proses produksi film yang bakal tayang di televisi pada Juli 2016 ini menggunakan Autodesk Maya, yaitu piranti lunak yang digunakan dalam pembuatan film animasi dunia.

"Membekali talenta muda dalam hal penggunaan teknologi piranti lunak desain 3D untuk membuat ide mereka menjadi hidup, adalah apa yang kami lakukan di Autodesk," ujar Senior Manager of APAC, Autodesk Education Experience, Conway Goh, Selasa (8/3).

Proses produksi ‘Pasoa dan Sang Pemberani’dilakukan di studio animasi SMK Raden Umar Said. Studio tersebut dibagun atas kerjasama Djarum Foundation, Autodesk dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation.

“Kolaborasi bersama Djarum Foundation dan SMK Raden Umar Said ini kami lakukan untuk menyiapkan para siswa menuju karier yang cemerlang pada industri media dan hiburan dunia,” lanjut Goh.

Studio animasi yang baru diresmikan Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI, Triawan Munaf, 7 Maret lalu tersebut, mampu mengerjakan seluruh rangkaian proses pembuatan film animasi 3D, dimulai dari pembuatan naskah, storyboard dan desain karakter.

“Melalui program peningkatan kualitas sekolah menengah kejuruan yang telah dirintis sejak tahun 2012, Djarum Foundation terus konsisten dalam mencetak lulusan SMK yang trampil dan siap bekerja pada bidang pekerjaan berpenghasilan tinggi, khususnya di sektor industri kreatif,” beber Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H. Serad.

Primadi berharap, kehadiran studio animasi SMK Raden Umar Said Kudus mampu menciptakan karya seni kreatif yang membawa kearifan lokal Indonesia kepada seluruh pecinta tayangan animasi di seluruh dunia. [syah]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT