Disdukcapil Pelalawan Menunggu Juklak Pembuatan KIA

Senin, 07 Maret 2016 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pelalawan sampai saat ini belum menerima petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) Kartu Identitas Anak (KIA).

"Meskipun  Kementerian Dalam Negeri sudah mulai menerapkan KIA di tahun 2016 ini namun kita belum ada terima juknisnya dan Juklak soal KIA," kata Kadisdukcapil Pelalawan, Drs Syafruddin, pada wartawan ini, kemaren.

Menurut Syafruddin, untuk persoalan pembuatan KIA di Riau sendiri baru Kota Dumai yang menjadi pilot project-nya di tahun 2016 ini. Namun Kota Dumai sendiri baru menetapkan di akhir tahun dalam anggaran APBD perubahan.

"Kalau di Riau, Kota Dumai yang jadi percontohannya di tahun 2016 ini. Tapi Kota Dumai juga tak bisa diterapkan awal tahun ini, tapi nanti ketika APBD-P baru bisa dianggarkan karena tak keburu dianggarkan dalam APBD Murni 2016 ini," ungkapnya.

Sedangkan untuk Kabupaten Pelalawan baru akan diterapkan di tahun 2017 mendatang. Dan itu akan dimasukkan dalam APBD Murni 2017. Jadi nantinya, bayi sejak lahir sudah memiliki Kartu Identitas tersendiri, sama seperti KTP bagi orang dewasa.

"Untuk Kabupaten Pelalawan akan diterapkan di tahun 2017 nanti, akan dianggarkan di APBD Murni tahun depan," tukasnya.[jl/basya]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT