Cara Tepat Membersihkan Furnitur Rotan

Selasa, 01 Maret 2016 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Rotan merupakan salah satu jenis material yang populer digunakan sebagai bahan baku furnitur. Material alam ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya kuat, tahan terhadap perubahan cuaca serta karakternya yang lentur sehingga mudah dibentuk menjadi beraneka bentuk furnitur atraktif dan eye catching.

Namun sayangnya, Anda perlu berhati-hati saat membersihkan material ini. Pasalnya celah kecil pada anyaman rotan yang menjadi tempat “bersemayamnya” debu dan kotoran menjadi bagian tersulit untuk dibersihkan. Sebaiknya Anda menggunakan sikat berbulu halus agar tidak merusak permukaan rotan.

Sebelum mulai membersihkan rotan, pastikan furnitur rotan yang Anda miliki berbahan rotan asli atau sintetis. Sebab kedua jenis rotan ini memiliki karakter yang berbeda dan tentunya metode pencucian yang berbeda pula. Bagaimana cara membersihkan furnitur rotan yang tepat? Ini dia informasinya.

Gunakan Penyedot Debu

Anda bisa menggunakan mesin penyedot debu (vacuum cleaner) atau sikat gigi berbulu halus untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di celah-celah anyaman rotan. Bersihkan furnitur minimal sebulan sekali untuk menghindari kotoran yang menumpuk, namun jika pada furnitur rotan yang diletakkan di luar (outdoor), sebaiknya bersihkan dua minggu sekali demi menjaga kualitas rotan.

Gunakan Larutan Deterjen

Cara termudah untuk membersihkan furnitur dari rotan sintetis adalah dengan menyemprotnya dengan air dan membersihkan noda menggunakan sikat berbulu halus yang sudah dibasuh dengan air deterjen. Namun, hal ini tak berlaku pada rotan alami. Hindari pemakaian air saat membersihkan rotan alami., sebab kondisi rotan yang lembab dapat menimbulkan jamur dan lumut pada permukaannya. Maka untuk membersihkannya, sebaiknya gunakan lap basah yang sudah dibasuh dengan larutan deterjen untuk menghilangkan debu dan noda yang menempel.

Proses Pengeringan

Setelah dibersihkan, pastikan rotan benar-benar dalam keadaan kering saat digunakan kembali. Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari atau menggunakan hairdryer. Namun opsi terakhir tak dianjurkan pada rotan jenis sintetis untuk menghindari rotan meleleh akibat radiasi panas dari hairdryer. [mac]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT