Masyarakat Bagansiapiapi Antusias Saksikan Malam Cap Go Meh

Selasa, 23 Februari 2016 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini con - Perayaan malam cap go meh yang setiap tahunnya dirayakan disambut antusias masyarakat kota bagan Bagansiapiapi,
Perayan ini dipusatkan depan kelenteng tertua In Hok Kiang Kota Bagan, Senin (22/2) malam cukup menarik perhatian masyarakat Bagansiapi api.

Hampir membuat setiap sudut jalan kota menjadi padat dan macet karena antusias masyarakat kota bagan dan sekitarnya ingin meyaksikan pawai lapion yang di selengarakan oleh panitia malam Cap Go Meh.

Perayaan malam Cap Go Meh dihadiri Bupati Rokan Hilir H.suyatno,ketua DPRD Nasrudin Hasan, Kapolres Rohil Subiantoro, anggota DPRD Propins Riau, Kajari Rohil, Bima Suprayoga, Ketua pengadilan Negeri, Kodim 032, Plt Sekda dan jajaran Pemkab Rohi.

Bupati H.Suyatno dalam kata sabutannya mengatakan, perayaan malam Cap Go Meh tahun ini sangat meriah, untuk itu Bupati juga mengajak semua koponen masyarakat untuk melestarikan seni budaya yang selama sudah ada.

Tambah Bupati, melihat acara ini bisa dijadikan event pariwisata di Rohil karena dapat menarik perhatian warga. Menurutnya, ini harus ditingkatkan dan lebih dimeriahkan lagi supaya orang dari luar negeri pun datang ke Rohil untuk menyaksikan fetival lampion ini.

"Dari tahun ketahun semakin meriah sekali. Tahun ini banyak lampion carnaval tidak sehabat tahun lalu. Ini sangat luar biasa," puji Bupati Rohil H Suyatno, ketika membuka acara Cap Go Meh itu.

Dikatakan Suyatno, kedepannya lampion ini harus diperbanyak lagi disetiap sudut jalan Kota Bagansiapiapi. Hal ini juga untuk mengakat kesinian tionghia di Rohil.

"Tentunya kedepan lebih semarak lagi lah, karena ini adalah salah satu aset kita kedepan agar orang bisa kembali kekampung halamannya dengan membawa keluarga, sehingga malam hari ini kota Bagansiapiapi begitu padat sekali," jelasnya.

Untuk mendukung itu semua, Suyatno juga sudah membicarakan hal ini dengan ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan. Pemerintah berjanji, tahun depan akan menganggarkan dari APBD untuk pembuatan lampion.

"Kita harapkan kedepan, kota Bagansiapiapi harus dihiasi dengan lampion yang banyak sekali. Untuk itu kita programkan melalui dana APBD," tandasnya. [man]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT