Bireuen Jadi Salah Satu Sentra Pembibitan Pala

Senin, 22 Februari 2016 - 00:00:19 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Hasil tinjauan media kelapangan ternyata Kabupaten Bireuen miliki sentra pembibitan pala dalam skala besar. Sentra pembibitan pala ini bersertifikasi pemerintah, Pembibitan ini dikelola Irfan Basri (46), wiraswasta di Desa Lueng Daneuen, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Di lokasi pembibitan Irfan Basri, Senin (22/2) mengatakan usaha itu dirintisnya sejak tiga tahun lalu dan kini berkembang menjadi sebuah sentra pengembangan pembibitan, selain bibit pala juga tersedia bibit kelapa, cengkeh, jengkol dan nilam.

"Kini saya mempekerjakan empat pria dan empat wanita setiap harinya, pada waktu tertentu lebih banyak pekerja yang dibutuhkan, mereka adalah warga sekitar,” ucap Irfan dalam perbincangan dengan dengan sejumlah awak media.

Bibit pala di tempat usahanya tersedia sekitar 500 ribu batang dengan umur bervariasi, mulai sebulan hingga satu setengah tahun. Selain itu juga tersedia 20 ribu bibit cengkeh yang dipasarkan hingga ke seluruh kabupaten kota di Aceh.

Irfan mengatakan dominan permintaan bibit pala untuk kebutuhan program pengembangan perkebunan yang didanai pemerintah. Dalam hal ini ia hanya sebagai pemasok bibit yang bersertifikasi dan terjamin mutunya kepada rekanan.

Bibit pala di tempatnya dijual antara Rp15 – 20 ribu perbatang, untuk bibit yang berumur 1,5 tahun. Sementara untuk bibit pala berumur delapan hingga satu tahun dijual Rp7.500 per batang. Harga itu lebih murah dari harga di tempat lain, sebutnya.

“Idealnya bibit pala ditanami pada umur delapan bulan atau sudah tinggi selutut orang dewasa, dalam satu hektar ditanami 156 batang dengan jarak antar pohon ke pohon tujuh hingga delapan meter,” ucap pemilik UD Karya Mandiri tersebut.

Irfan mengatakan untuk kebutuhan bakal bibit (kecambah) didatangkan dari Desa Panton Pawoh, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Aceh Selatan. Bibit pala didatangkan ke tempatnya dalam bentuk kecambah untuk kemudian dimasukkan ke polibeg.

“Kepada siapapun perusahaan perkebunan atau perorangan yang membutuhkan bibit pala yang berkualitas terjamin dan bersertifikasi bisa saja menghubungi nomor telepon seluler kami 0853 6146 2666,” ucap penggiat perkebunan lulusan SMA tersebut. [tarmizi]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT