Terserang Batuk Pilek, Jangan Buru-buru Minum Antibiotik

Ahad, 21 Februari 2016 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Ketika terserang batuk pilek, haruskah kita langsung minum obat? dr Ahmad Fuady, MSc, Kepala Klinik Dokter Keluarga (KDK) Kayu Putih, mengatakan common cold atau batuk pilek memang rentan menyerang ketika cuaca panas dan hujan silih berganti. Hal ini membuat orang yang tidak memiliki daya tahan tubuh baik rentan sakit.

"Perubahan cuaca, apalagi jika terkena panas dan hujan, membuat tubuh berupaya adaptasi. Jika tidak mampu dengan baik, kondisi tubuh tidak fit, virus influenza dan common cold mudah menyerang," tutur dr Ahmad kepada detikHealth, baru-baru ini.

Dijelaskan dr Ahmad, virus common cold tergolong virus yang tidak berbahaya. Sehingga dapat sembuh dengan sendirinya dan tak perlu menggunakan antibiotik.

Yang menjadi masalah adalah gejala yang menyertainya. Demam, hidung tersumbat hingga meler merupakan gejala common cold yang dirasakan orang dapat mengganggu aktivitas dan produktivitasnya.

"Jika memang dirasa mengganggu cukup minum pereda panas dan pereda hidung tersumbat yang dijual bebas dan mudah didapatkan. Jangan minum antibiotik," tambahnya lagi.

Selain itu, pastikan juga kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan makan makanan sehat. Untuk meredakan gejala, minum teh, jamu atau minuman hangat lainnya juga dibolehkan.

"Teh atau minuman hangat fungsinya dapat melegakan. Dapat juga dikombinasikan dengan obat," pungkasnya. [**dtc]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT