BI Optimis Tahun 2016 Investasi Riau Tumbuh Positif

Jumat, 05 Februari 2016 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Bank Indonesia wilayah Riau mengaku optimis investasi yang masuk ke daerah tersebut tahun 2016 ini masih akan tumbuh positif ditengah menurunnya harga minyak dunia dan CPO (crude palm oil) yang menjadi penopang utama Produk Domestik Regional Bruto

"Memang betul sektor minyak dan kelapa sawit Riau ada penurunan tetapi peluang investasi lainnya masih terbuka," ungkap Pemimpin BI Kantor Perwakilan Provinsi Riau, Ismed Inono, Kamis (4/2/16).

Ismed mengakui Provinsi Riau memang selama ini ditopang oleh sektor minyak dan gas serta perkebunan. Seiring menurunnya harga komoditas tersebut dipasar dunia telah berakibat kepada perlambatan pertumbuhan ekonomi tersebut.

Namun lanjutnya, bukan lantas investasi akan berhenti dan tidak masuk ke Riau. Karena masih ada sektor lainnya yang mampu berperan mendorong roda perekonomian.

Seperti ujar Ismed mencontohkan sektor jasa, perdagangan, dan pariwisata  kini terbuka di Riau. Meski kecil ia menilai namun kondisinya saat ini justru itu yang bisa diandalkan mendorong geliat perekonomian.

Misalkan, pembangunan berbagai gedung, mall, hotel,  instrastruktur jalan, RS dan sebagainya yang saat ini tetap terjadi di Pekanbaru, telah mendatangkan investasi baru. "Jadi tidak usah terlalu pesimis, terutama saat ini sektor  infrastruktur cukup banyak menggerakkan," urainya.

Ia bahkan lebih yakin lagi hal ini akan maksimal, jika pemerintah daerah dalam hal ini Provinsi Riau, Kota Pekanbaru, serta kabupaten lainnya melakukan percepatan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 masing-masing.

Analisanya, jika percepatan anggaran ini bisa didorong pada awal tahun 2016, maka roda perekonomian akan menunjukkan optimisme bagi dunia usaha. [pgi]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT