Investasi di Kota Pekanbaru Mengalami Peningkatan

Kamis, 04 Februari 2016 - 00:00:09 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com- Kota Pekanbaru kian berkembang di era kepemimpinan DR.Firdaus.MT-Ayat Cahyadi. Selain perkembangan terhadap infrastruktur, peningkatan kesejahteraan rakyat di Kota Pekanbaru. 

Kini kota yang berjulukan Kota "Bertuah" ini menjelma sebagai kota pusat pertumbuhan ekonomi dan kota investasi yang paling prospektif di Indonesia. Dinobatkannya Kota Pekanbaru sebagai Kota Tujuan investasi terbaik di Indonesia berdasarkan piagam yang disabet dari versi majalah Sindo Weekly. Dimana berdasarkan data Pemerintah Kota Pekanbaru hingga akhir Desember 2014, nilai investasi di Kota Pekanbaru telah mencapai Rp 4,093 triliyun jauh melebihi pencapaian tahun 2013 yang hanya senilai Rp1,3 triliyun.

Bahkan berdasarkan survei yang pernah dilakukan Universitas Indonesia tahun 2013 terhadap kota-kota di Indonesia, Kota Pekanbaru dijadikan tujuan investasi terbaik nomor 1 bagi para pengusaha. Hal itu terlihat nyata dari kondisi pesat nya pertumbuhan ekonomi dan investasi di Kota "Bertuah" ini.

Wali Kota Pekanbaru DR.Firdaus.MT mengatakan peluang investasi di Kota Pekanbaru sangat membludak.

“Mulai dari yang kecil hingga berskala besar disektor kuliner, pembangkit listrik, perhotelan hingga industri turunan kelapa sawit,” ujarnya.

“Selain itu, peluang investasi lain nya yakni perumahan, baik perumahan kelas menengah maupun perumahan elit. Malahan saat ini semakin banyak rumah toko (ruko), yang berkembang ke tiga penjuru Pekanbaru yakni Tampan, Tenayan Raya, dan Rumbai,” imbuhnya.

Disebutkannya, saat ini investor Kota Pekanbaru tidak hanya pengusaha lokal. Bahkan investor nasional dan international mulai tergiur dan berkunjung ke Kota Pekanbaru investor.

“Salah Satu contoh investasi yang dikerjakan oleh gabungan  investor nasional dan  internasional yakni investasi Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Sampah (PLBBS). PLBBS ini akan dibangun di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Muara Fajar. Perusahaannya yakni G20  Environmental Solutions Group (ESG). Perusahaan ini bekerjasama dengan BUMD Riau Invesment  Corp (RIC) dan BUMD PD Pembangunan Pekanbaru,” cetusnya.

Diungkapkannya, Prestasi yang disabet pemerintah kota pekanbaru pada era kepemimpinannya merupakan hasil kerja keras Pemerintah Kota Pekanbaru untuk memikat daya tarik investor untuk berinvestasi di Kota Pekanbaru.

“Ini adalah prediket dan prestasi yang membanggakan dan menggembirakan bagi pemerintah  dan masyarakat Kota Pekanbaru. Ini menunjukan bahwa misi Kota Pekanbaru menjadi kota tujuan investasi telah menunjukan hasil yang mengembirakan kita semua. Tentu ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat menciptakan suasana yang kondusif dan aman untuk berinvestasi,” ungkap Walikota.

Selain itu, Pemerintah Kota Pekanbaru juga pernah menyabet tiga penghargaan dari Kadin Riau. Tiga penghargaan tersebut adalah kategori Best Business Climate (kategori Iklim Bisnis Terbaik), Best Investment Performance (kategori Kinerja InvestasiTerbaik), dan Best PTSP (kategori Pelayanan dan Perizinan terbaik). Bahkan selanjutnya, Kota Pekanbaru memperoleh Penghargaan Indonesia's Attracttivennes Award 2015 predikat diamond sebagai kota terbaik versi media Tempo dan Frontier 2015.

Piagam Pro Otonomi Award

Meski sudah memiliki prestasi yang segudang. Namun, Pemerintah Kota Pekanbaru tak letih-letih nya meningkatkan pelayanan nya untuk memikat daya tarik para investor untuk berinvetasi di Kota "bertuah". 

Alhasil, Kota yang dipimpin oleh DR.Firdaus.MT-Ayat Cahyadi ini kembali meyabet piagam sebagai daerah yang porspektif menjadi tujuan investasi. Pengakuan tersebut diakui oleh Harian Riau Pos pada acara peringatan Hut ke 25 Riau Pos, di Ballroom SKA Co Ex, Senin (25/01/16). Dalam kategori itu, Kota Pekanbaru dinobatkan sebagai kota terbaik tujuan investasi dan penanaman modal. Penganugrahan Pro Otonomi Award dalam kategori kota terbaik tujuan investasi dan penanaman modal, diserahkan langsung CEO Riau Pos Group Makmur Kasim SE Ak MM kepada Walikota Pekanbaru DR. Firdaus.MT.

CEO Riau Pos Group Makmur Kasim SE Ak MM Usai penyerahan piagam mengungkapkan mengapresiasi kinerja Walikota Pekanbaru. Pasalnya, berkat kepiawaiannya DR.Firdaus.MT-Ayat Cahyadi dalam menjalankan roda pemerintahan nya, sehingga Kota Pekanbaru mengalami peningkatan investasi.

"Dari awal kepemimpinan DR Firdaus ST MT, nilai investasi di Pekanbaru terus meningkat. Tahun 2013 lalu, Pekanbaru memperoleh investasi sebesar Rp1,7 triliun dari Badan Penanaman Modal Dalam Negeri ditambah Rp 5,4 triliun dari Pemilik Modal Asing (PMA),'' ujarnya. [adv/hms]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT