Asril: Kenali dan Cegah Penyakit Akibat Nyamuk Berbahaya

Selasa, 02 Februari 2016 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Gigitan nyamuk jangan dianggap enteng karena beberapa jenis nyamuk dikenal menjadi biang pembawa penyakit-penyakit berbahaya pada tubuh manusia dan hewan, seperti demam Cikungunya, penyakit kuning, malaria, demam berdarah, dan ada lagi yang lainnya.

Oleh karena itu Sekretaris Dinas Keshatan Pelalawan, Asril mengingatkan agar setiap saat di rumah dan lingkungan jangan banyak terdapat sarang nyamuk, karean saat ini hujan sedang musim dia minta warga bersama harus segera membersihkannya.

Diaktyakannya ada beberapa jenis nyamuk yang merupakan penyebab penyakit berbahaya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini, misalnya Malaria.

"Malaria adalah suatu infeksi darah yang menyebabkan demam panas tinggi dan kedinginan. Ia disebabkan oleh parasit (disebut plasmodium) yang ditularkan pada manusia oleh sejenis nyamuk tertentu yang menggigit kebanyakan pada malam hari, " Jelasnya.

Dijelaskannya, biasanya malaria menyebabkan demam setiap 2 atau 3 hari, tapi pada awalnya demam dapat terjadi setiap hari. Siapa pun yang menderita demam yang tak jelas alasannya sebaiknya menjalani pengujian untuk malaria. Hal ini dapat dilakukan di hampir semua pusat-pusat kesehatan. Jika hasil pengujian darah mengatakan positif mengidap malaria, atau jika pengujian tak dapat dilakukan, segera mencari pengobatan.

Selanjutnyua Demam berdarah disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh nyamuk hitam bintik-bintik putih yang dari jauh terlihat seperti garis putih. Kaki-kakinya juga bergaris-garis. Nyamuk ini sering disebut nyamuk demam penyakit kuning karena ia dapat pula membawa demam penyakit kuning.

"Demam berdarah biasanya terjadi pada saat udara panas di musim hujan dan paling sering terjadi di kota-kota, di tempat-tempat air tergenang, dan di tempat yang saluran pembuangan airnya buruk. Pertama kali seseorang terkena demam berdarah, biasanya ia akan sembuh dengan istirahat dan minum banyak air. Tetapi jika seseorang terkena untuk kedua kalinya, akan lebih berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian," Jelasnya.

Sementara itu demam chikungunya Penyakit demam virus jenis ini sambungnya sembuh dengan sendirinya ditandai dengan arthralgia atau arthritis, terutama di pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki dan persendian lainnya dari kaki dan tangan yang berlangsung beberapa hari hingga berbulan-bulan. Dikenal juga dengan nama lumpuh layu.

"Kalau demam penyakit kuning ditandai dengan panas dingin, nyeri otot terutama pada punggung, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah. Nyamuk yang biasanya menimbulkan penyakit ini memiliki bintik-bintik putih pada sekujur punggung dan kakinya. Habitat dari nyamuk ini di genangan-genangan air.

Agar terhindar dari masalah ini diharapkan warga Pelalawan selalu bersih - bersih dilingkungan dan kalau ada warga mendapat penyakit ini agar segera mendatangi Puskesmas terdekat agar penyakit ini cepat terdeteksi.

"Kita akan sigap melakukan pengobatan," tukasnya.[bas]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT