Dinkes Riau Imbau Masyarakat Antisipasi Gejala Awal Virus Zika

Ahad, 31 Januari 2016 - 00:00:14 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai dini penyebaran virus Zika di Indonesia.

"Gejala yang muncul hampir sama dengan penyakit DBD (demam berdarah), panas tinggi dan penularan juga melalui nyamuk Aedes Aegypti. Cara mencegahnya adalah dengan menyemprot kamar dengan obat anti nyamuk," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril di Pekanbaru, Minggu (31/1/16) di Pekanbaru.

Selain melakukan pencegahan dengan menyemprot kamar dengan obat nyamuk, ia juga meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah.

"Untuk menghindari serangan virus ini kita juga harus senantiasa menjaga pertahanan tubuh, makan minum yang bersih dan panas serta menghindari minum es," imbuhnya.

Gejala lain serangan virus Zika yang dirasakan oleh penderitanya antara lain sakit kepala, munculnya ruam di beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, lengan atas hingga telapak tangan dan kaki, serta nyeri di bagian punggung.

Adapun penyakit ini kemungkinan besar dapat menyebar kepada wisatawan yang berpergian ke sejumlah negara Amerika Latin yang menjadi sentral wabah ini.

"Jika ada warga yang mengalami demam lebih dari tiga hari, diminta segera datang ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat," katanya. [mtc]

 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT